• Jumat, 17 September 2021

Ini Penyebab Operasional RSUD Kota Serang 'Molor'

- Selasa, 10 April 2018 | 18:40 WIB
Gedung RSUD Kota Serang. (Foto: Ist)*
Gedung RSUD Kota Serang. (Foto: Ist)*

SERANG, [NEWSmedia] - Operasional Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Kota Serang yang semula direncanakan berjalan di awal tahun 2018, namun sampai saat ini masih belum bisa realisasikan karena masih terkendala beberapa hal.

Kepala Dinas Kesehatan Kota Serang, Toyalis mengatakan, salah satu kendala utama yang dihadapi, adalah belum adanya pejabat rumah sakit yang dilantik untuk menjadi penanggungjawab dan pengelola RSUD tersebut.

"Makanya saya maklumi, bersabar, karena kondisinya masih seperti ini. Kan secara aturan fisik sudah ada, prasarana sudah ada, SDM sudah ada. Nah untuk SDM ini penanggungjawabnya yang masih belum ada," kata Toyalis saat ditemui di kantornya, Selasa (10/4/2018).

Ia berharap, agar Wali Kota Serang, TB Haerul Jaman untuk lebih dulu mengisi dan melantik tatanan pejabat di RSUD Kota Serang, hal itu agar para pejabat yang sudah dilantik bisa melakukan pembenahan internal sambil melakukan soft launching RSUD Kota Serang.

"Saya berharap kalau pejabatnya sudah dilantik, soft launching dulu lah sambil berbenah dulu di dalamnya, baru setelah beres tinggal grand launching nya, setelah itu baru bisa melayani," harapnya.

Ia menjelaskan, kendala lain yang menjadi penghambat operasional rumah sakit tersebut adalah belum adanya ruang UGD dan ruang operasi.

"Di ruang dapur, loundry dan alat masak belum beli, obatnya saja masih kita pesan, karena tahun ini baru dianggarkan," jelasnya.

Selain itu, ia juga menegaskan, pembangunan RSUD tersebut dilakukan secara bertahap, sehingga dirinya belum bisa menentukan waktu operasional rumah sakit kebanggaan milik masyarakat Kota Serang itu.

"RSUD ini dibangun bertahap, karena keterbatasan anggaran, di study kelayakan Rp130 milyar tapi kami dikasih cuma Rp50 milyar, jadi kurangnya masih banyak, seandainya saya dikasih 130 milyar, bisa selesai semua," pungkasnya. [ahi]

Halaman:

Editor: Mulyadi

Tags

Terkini

X