• Jumat, 24 September 2021

6 Kebiasaan Baik yang Bisa Tingkatkan Imunitas Tubuh

- Selasa, 14 Juli 2020 | 07:03 WIB
Foto ilustrasi.*
Foto ilustrasi.*

[NEWSmedia] - Sistem imunitas atau daya tahan tubuh berperan penting dalam menjaga kesehatan dan mencegah terserang penyakit. Di tengah fase New Normal atau tatanan hidup baru dengan virus yang masih ada, menjaga sistem imun mutlak harus diperhatikan.

Menjaga imunitas tubuh menjadi pertahanan terakhir setelah mengikuti berbagai macam anjuran, seperti memakai masker, mencuci tangan menggunakan sabun dan air mengalir, serta menjaga jarak antarsesama.

Imunitas didapatkan melalui proses jangka panjang sebagai hasil dari serangkaian kebiasaan baik bukan karena konsumsi vitamin atau suplemen semata. Profesor Nicole Avena, PhD dari Universitas Princeton mengandaikan imunitas adalah lari maraton bukan sprint. Kesimpulannya, tak ada cara cepat dan mudah untuk menaikkan imunitas tubuh.

Menurut Avenda, kita harus melakukan secara total kalau ingin membuat imunitas dalam bentuk yang siap perang. Dilansir dari laman Women's Health, mengkalibrasi ulang kekebalan tubuh Anda untuk jangka panjang butuh penerapan kebiasaan kesehatan klasik, seperti tidur yang cukup, kurangi stres, dan rutin berolahraga.

Mungkin terkesan klise, tapi memang harus diakui dan terbukti kalau hal-hal tersebut bisa memperkuat imunitas tubuh. Setidaknya ada enam kebiasaan baik yang bisa meningkatkan imunitas tubuh kita.

1. Tidur cukup

Penuhi kebutuhan tidur Anda setidaknya tujuh jam setiap malam. Mereka yang tidur selama enam jam semalam atau kurang selama satu minggu lebih berpeluang empat kali lebih tinggi terserang flu ketika terkena virus dibandingkan dengan mereka yang mendapat lebih dari tujuh jam, menurut sebuah penelitian yang diterbitkan dalam jurnal Sleep. Risiko jatuh sakit bahkan lebih tinggi bagi Anda yang tidur kurang dari lima jam semalam.

2. Hindari stres

Seorang profesor imunologi di Universitas Manchester, Inggris, Daniel M. Davis, PhD, stres memicu produksi kortisol. Saat hormon kortisol tinggi maka sistem imunitas tak akan aktif.

Halaman:

Editor: Muhammad Adi

Tags

Terkini

X