• Minggu, 19 September 2021

Antisipasi Penularan Covid-19 Masyarakat Baduy Terapkan Prokes

- Senin, 21 Desember 2020 | 15:26 WIB
warga baduy.*
warga baduy.*

LEBAK, [NEWSmedia] – Masyarakat di pedalaman Kabupaten Lebak (Baduy) menerapkan protokol kesehatan (Prokes) dengan memakai masker, menjaga jarak, dan mencuci tangan guna mencegah penularan Covid-19.

“Kami mewajibkan semua warga di sini menerapkan protokol kesehatan dengan 3M,” kata Ketua adat yang juga Kepala Desa Kanekes, Kecamatan Leuwidamar, Kabupaten Lebak, Jaro Saija, di Lebak, Minggu (20/12/2020)

Masih katanya, begitu pula bagi wisatawan yang datang ke pemukiman masyarakat Baduy harus memakai masker dan menjaga jarak. Selain itu, lanjutnya, mereka tidak boleh berkerumun serta sebelum masuk kawasan masyarakat adat Baduy terlebih dahulu mencuci tangan yang disediakan pemerintah desa setempat.

“Kami sangat mendukung perlindungan diri sendiri juga keluarga dan orang lain dengan disiplin menerapkan protokol kesehatan itu,” ucap Jaro

Dijelaskannya, bahwa masyarakat Baduy selalu menaati kebijakan pemerintah untuk pengendalian dan pencegahan Covid-19, di antaranya Peraturan Bupati Nomor 28 tentang Adaptasi Kebiasaan Baru (AKB).

Dalam Perbup itu, kata Jaro, dikenakan sanksi denda bagi pelanggar protokol kesehatan dengan harapan memberikan efek jera. Selain itu, penerapan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) agar tidak terjadi kerumunan massa.

“Kami yakin kebijakan pemerintah itu untuk memutus mata rantai penyakit yang mematikan sehingga Indonesia terbebas Covid-19,” pungkasnya.

Sementara itu, Kepala Seksi Ekonomi dan Pembangunan Desa Kanekes Hudri mengatakan, masyarakat Baduy menaati penerapan protokol kesehatan guna mencegah penularan Covid-19.

Hingga saat ini, lanjutnya, warga Baduy terbebas dari ancaman penyakit yang membahayakan itu.

Halaman:

Editor: Muhammad Adi

Tags

Terkini

3 Tips Menghadapi Musim Penghujan Agar Tidak Mudah Sakit

Minggu, 19 September 2021 | 10:00 WIB
X