• Jumat, 17 September 2021

3 Nutrisi Penting untuk Pertumbuhan Otak Anak

- Senin, 28 Desember 2020 | 20:06 WIB
Foto ilustrasi.*
Foto ilustrasi.*

[NEWSmedia] - Kunci pertumbuhan otak yang optimal terletak pada asupan yang diberikan. Terdapat tiga nutrisi penting untuk pertumbuhan otak anak yang optimal.

Dokter Rita Ramayulis menjelaskan sel-sel otak terus dibentuk saat usia kanak-kanak. Pertumbuhan sel-sel ini membutuhkan nutrisi yang bergizi.

"Otak ini harus diberikan gizi yang baik agar kesehatan dan emosi anak juga baik," kata Rita dalam temu virtual Bebelac, beberapa waktu lalu.

Berikut tiga nutrisi penting untuk pertumbuhan otak anak.

1. Asam amino
Protein asam amino penting untuk pertumbuhan sel-sel baru di otak. Kebutuhan asam amino yang cukup akan membuat otak berkembang sempurna sehingga Anak bisa menjadi pribadi yang sehat dan cerdas.

"Protein asam amino berguna untuk pembentukan sel baru dan persarafannya dibangun sedemikian rupa sehingga anak mampu menyerap pelajaran, menyimpan memori, dan menghadapi depresi," tutur Rita.

Protein asam amino dikenal juga dengan asam lemak omega-3 dan omega-6 yang banyak terdapat pada ikan berlemak seperti ikan sarden, salmon, dan tuna.

2. Zat besi
Otak juga membutuhkan asupan zat besi untuk tumbuh optimal. Zat besi berfungsi untuk mengirimkan oksigen dan sari makanan ke otak dan seluruh organ tubuh.

Zat besi banyak terdapat dalam makanan hewani seperti unggas dan daging merah.

Halaman:

Editor: Muhammad Adi

Tags

Terkini

X