• Jumat, 17 September 2021

11 Makanan yang Bisa Cegah Kanker, Mulai Brokoli hingga Kurma

- Rabu, 6 Januari 2021 | 07:11 WIB
Foto ilustrasi.*
Foto ilustrasi.*

[NEWSmedia] - Kanker menjadi salah satu penyakit yang ditakuti banyak orang. Penyakit kanker tidak langsung ada pada tubuh manusia, biasanya muncul akibat pola hidup yang kurang sehat atau bahkan faktor keturunan.

Sejumlah langkah dilakukan untuk mencegah penyakit kanker ini. Salah satunya adalah mengonsumsi makanan sehat.

Ada sejumlah makanan yang disebut bisa mencegah munculnya penyakit kanker. Apa saja? Berikut ini daftarnya, sebagaimana dirangkum dari The Healthy, Selasa (5/1/2021).

1. Bawang putih

Ahli gizi dari Newport Beach CA, Evelyn Tribole MS RD, dalam 'Stealth Health: How to Sneak Nutrition Painlessly into Yout Diet' mengatakan bawang putih mengandung senyawa sulfur yang dapat merangsang pertahanan alami sistem kekebalan tubuh untuk melawan kanker dan berpotensi mengurangi pertumbuhan tumor.

Bukan hanya bawang putih, bawang bombai, daun bawang, dan bawang merah adalah sayuran allium. Penelitian terbaru menunjukkan keluarga sayuran ini dapat mengurangi risiko kanker kolorektal.

Secara khusus, orang dewasa yang mengonsumsi banyak sayuran allium memiliki risiko 79 persen lebih rendah terkena kanker kolorektal dibandingkan mereka yang mengonsumsi dalam jumlah sedikit.

2. Brokoli

Sudah sejak lama hasil penelitian menunjukkan sulforaphane senyawa yang terdapat dalam brokoli dan sayuran cruciferous lainnya dapat mencegah kanker dan memperlambat perkembangannya.

Halaman:

Editor: Muhammad Adi

Tags

Terkini

X