• Minggu, 19 September 2021

2 Jenis Temperamen Anak dan Tips Menghadapinya

- Rabu, 27 Januari 2021 | 07:05 WIB
Foto ilustrasi.*
Foto ilustrasi.*

[NEWSmedia] - Sama seperti orang dewasa, setiap anak memiliki jenis temperamen yang berbeda-beda. Menurut Liliana Lengua,Ph.D seorang profesor dari University of Washington, pola asuh pada anak yang tidak sesuai dengan jenis temperamen mereka akan menimbulkan efek yang berlawanan.

Untuk itu, orang tua harus memahami temperamen anak dan menerapkan pola asuh yang tepat untuknya. Dikutip dari HaiBunda, berikut dua jenis temperamen pada anak serta cara mengatasinya:

1. Temperamen difficult
Anak dengan jenis temperamen ini mudah frustasi dan tantrum, serta sulit menyesuaikan diri dengan keadaan baru. Ia juga cenderung bertindak sesuai suasana hatinya dan lebih ekspresif.

Cara menangani: Menghadapi anak temperamen difficult ini penuh tantangan serta memerlukan kesabaran ekstra. Orang tua butuh banyak berempati pada perasaan anak dalam situasi yang dia anggap sulit, misalnya menenangkan mereka agar suasana tidak semakin kacau.

2. Temperamen slow to warm up
Anak dengan jenis temperamen ini lebih berhati-hati dan membutuhkan waktu lebih lama untuk menyesuaikan diri dengan hal baru. Mereka cenderung tidak langsung melakukan penolakan seperti Si Temperamen Difficult.

Cara menangani: Orang tua bisa membantu anak untuk mempersiapkan diri menghadapi lingkungan baru. Dorong anak untuk mengungkapkan perasaannya terhadap setiap perubahan yang terjadi. Tetapi, jangan buat anak menjadi pusat perhatian karena itu akan membuat mereka semakin takut dan malu.

Jenis temperamen anak seperti apa lagi yang harus diketahui para orang tua? Lalu, bagaimana cara mengatasinya? [dtc]

Editor: Muhammad Adi

Tags

Terkini

X