Minggu, 25 Agustus 2019 |
Pariwisata

Keunikan Masjid Ibu Kota

Senin, 16 Jan 2017 | 17:00 WIB Dibaca: 775 Pengunjung

masjid Nurul Iman.*

[NEWSmedia] - Selama ini masjid menjadi tempat ibadah untuk umat muslim, saat melakukan salat. Tetapi, di luar itu, sebenarnya masjid juga bisa menjadi tempat wisata menarik di tengah kota lho, khususnya di Ibu Kota.

Masjid Nurul Iman, Blok M Square
Pusat perbelanjaan yang satu ini, memang selalu ramai disambangi baik hari biasa maupun akhir pekan. Tetapi, siapa sangka jika di lantai tujuh mall ini, ada masjid cantik dengan arsitektur bangunan bernuansa Eropa, dicampur Timur Tengah.

Saat tiba di lantai tujuh, kaki segera bergegas menuju parkiran, dan menaiki anak tangga. Sampai di atas, rasanya hati begitu lega, karena ada sebuah miniatur Ka'bah yang terletak di tengah masjid.

Bentuknya menyerupai Ka'bah di Makkah dan di sini biasanya digunakan sebagai tempat latihan ibadah manasik haji. Terlihat, jika masjid dikelola dengan baik, karena di sini sangat bersih dan tidak kumuh.

Keindahan juga tak sampai di sana saja, lorong-lorong yang cukup megah menjadi pemandangan cantik. Keramik berwarna cokelat dipadukan dengan cat berwarna krem menjadikannya sebagai latar foto menarik.

Di sana juga ada sekelompok anak muda yang sangat antusias untuk mengabadikan diri mereka berfoto di depan miniatur Ka’bah. Mereka pun bergantian, dan terlihat bersemangat sekali melihat foto dalam kamera masing-masing.

Masjid Al-Arqom, Tanah Abang
Duh, rasanya malas sekali untuk memasuki mall di Tanah Abang, dikarenakan lokasi ini selalu ramai dan penuh kapan pun. Tetapi, perjuangan belum berakhir karena harus mencapai lantai 13 untuk meraih masjid Al-Arqom ini. 

Untuk mencapai lantai teratas ini lebih baik menggunakan elevator saja, karena jika menunggu lift sangat lama, dan juga sesak oleh pengunjung lainnya. Tangga demi tangga pun sudah dilalui untuk meraih lantai teratas di gedung ini.

Akhirnya, sampai juga, udara segar langsung menampar wajah ini rasanya sejuk sekali dan membukakan mata karena keindahan arsitekturnya.

Saat menginjakkan kaki ke area, rasanya seperti berada di Timur Tengah karena bangunannya megah dan juga besar. Lorong begitu sejuk ketika dipijakkan dengan kaki telanjang. 

Hal lebih memukaunya lagi, hampir seluruh area di sini sangat bersih, tidak percaya jika masjid tersebut digunakan oleh ribuan orang yang berbelanja di Tanah Abang. Kebersihannya membuat ibadah semakin nyaman.

Saat memasuki tempat salat, indahnya bukan main, terutama bagian kaligrafi yang terpampang di atas. Kaligrafi diukirkan di atas keramik berwarna hijau, inilah yang membuat suasana Timur Tengah semakin dekat. Masjid ini memiliki dua lantai untuk beribadah, tetapi selain beribadah seru sekali mengabadikan foto di dalam masjid.

Masjid Lautze, Pasar Baru
Masjid ini sangat unik, karena mengangkat arsitektur Tiongkok sebagai tema utama dalam masjid yang terletak di jajaran ruko. Sangat kecil, namun warna cerah dari warna merah, dan kuning membuatnya gampang ditemukan.

Saat masuk ke masjid ini, ternyata banyak didominasi dengan pria, tetapi ini buka untuk wanita juga. Nuansa merah dan kuning menjadi hiasan menarik di dalam ruangan kecil ini yang membuat hati begitu tenang. 

Meski kecil, namun suasana di dalam masjid sangat sejuk dan adem. Sepanjang ruangan, ada kaligrafi tulisan Arab dengan suasana Tiongkok yang terlihat di pinggir pigura di hitam di sana.[okz]

Publisher: Muhammad Adi
Bagikan:

KOMENTAR

Keunikan Masjid Ibu Kota
NCLOTHING PROMO NEWSmedia TV
Top