• Minggu, 25 September 2022

Minyak Goreng Mahal? Coba Resep Masakan Irit Minyak Berikut Ini untuk Buka Puasa Lebih Nikmat

- Senin, 4 April 2022 | 09:30 WIB
Menu masakan bulan Ramadhan irit minyak  (Tangkap layar Instagram @lidyatjahdi)
Menu masakan bulan Ramadhan irit minyak (Tangkap layar Instagram @lidyatjahdi)
NEWSmedia - Bingung karena harga minyak mahal? inilah resep masakan irit minyak untuk buka puasa di bulan Ramdhan  yang bisa kamu buat di rumah. 
 
Harga minyak goreng mahal pada saat ini membuat ibu-ibu kebingungan untuk membuat menu berbuka puasa tapi irit minyak.
 
Mengapa kita harus menggunakan minyak goreng apabila kita dapat membuat makanan istimewa dan enak tanpa harus menggunakan minyak goreng.
 
 
Untuk ibu-ibu yang masih kebingungan menu berbuka puasa seperti apa yang dapat ibu masak agar tetap enak tanpa menggunakan minyak goreng simak rangkuman news media mengenai resep berbuka puasa irit minyak berikut ini.
 
Dikutip NEWSmedia dari akun Youtube Dapur Sehat @emak.salwa1 dalam ungghahan YouTube tersebut pada Minggu 3 April 2022. Inilah resep menu berbuka tanpa harus menggunakan minyak.
 
Ayam Bakar Oven
 
Yang pertama yang akan kita buat adalah ayam bakar oven. Adapun bahan-bahan yang perlu Anda siapkan yaitu ayam oven Bahan-bahan, 1/4kg ayam, 1Sdm madu,1Sdt saos tiram, 1Sdt bumbu halawa/Masako, 1/2sdt lada bubuk, 1/2sdt garam, bumbu ulek, 2siung bamer 1siung baput, ketumbar secukupnya.
 
 
Adapun cara membuat ayam bakar oven yaitu :
 
Haluskan bumbu yang perlu dihaluskan, lalu taruh ayam ke dalam sebuah wadah, lumuri ayam dengan bumbu yang telah dihaluskan, beri saus tiram, beli madu secukupnya, lalu beri halawa atau Masako, aduk sampai merata lalu taruh ayam tersebut ke dalam kulkas.
 
Diamkan ayam yang telah dilumuri bumbu di dalam kulkas selama 1 jam. Sampai bumbu benar-benar meresap ke dalam daging ayam.
 
Jika sudah keluarkan ayam dari dalam kulkas, tunggu hingga SS yang terdapat di dalam ayam tersebut sedikit mencair, jika sudah siapkan loyang, olesi loyang dengan mentega.
 
 
Jika sudah selesai, taruh ayam tadi di atas loyang, masukkan loyang yang berisikan ayam ke dalam oven, oven dalam jangka waktu kurang lebih 40 menit, jika menggunakan oven manual atau bukan oven elektrik, gunakan api berukuran sedang.
 
Jika sudah setengah matang, jangan lupa balikan ayam yang berada di dalam pemanggang oven, jika sudah matang, angkat ayam tersebut dan ayah pun siap untuk disajikan dan dinikmati.
 
Sayur Bayam 
 
Resep berbuka puasa irit minyak yang kedua yaitu, sayur bayam. anda mungkin sudah tidak pernah salah lagi dengan yang namanya sayur bayam. Sayur bayam sudah tidak dapat diragukan lagi keunggulan gizi dan manfaatnya bagi tubuh apalagi jika anda sedang berpuasa.
 
 
Selain itu sayur bayam juga tidak memerlukan minyak dalam pembuatan atau cara memasaknya. untuk Anda yang masih kebingungan Bagaimana cara membuat sayur bayam di news media akan memberikan resepnya untuk anda.
 
Adapun bahan-bahan yang perlu Anda siapkan dalam pembuatan sayur bayam yaitu: sayur bayam, bahan-bahan, 1iket bayam, 2siung bamer, 1 buah jagung muda, ketumbar secukupnya naram secukupnya.
 
Adapun cara membuatnya yaitu:
 
Rebus air secukupnya, ulek bumbu yang telah kita siapkan tadi, masukkan bumbu ke dalam air tunggu sampai mendidih. Jika sudah mendidih masukkan sayuran bayam, tunggu sampai matang. Jika sudah matang angkat dan bayam pun siap untuk disajikan. 
 
 
Itulah resep berbuka puasa tanpa menggunakan minyak dalam proses memasaknya. Anda tertarik untuk mencobanya silahkan bereksplorasi.*** 
 
 

Editor: Ilah Rohilah

Tags

Artikel Terkait

Terkini