Rabu, 23 Juni 2021 |
News Room - News Adv

Lawan Covid-19, Kelurahan Sukawan Kota Serang Terapkan PPKM Mikro di Tingkat RT/RW

Senin, 22 Mar 2021 | 12:58 WIB Dibaca: 3451 Pengunjung

Lurah Sukawana, KEcamatan Serang, Kota Serang, Saefulloh.*

SERANG, [NEWSmedia] - Kelurahan Sukawana Kota Serang mendukung program Pemerintah Kota Serang dalam Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) berskala Mikro.

Hal itu dilakukan, untuk menekan penyebaran Covid-19 di tingkat Kota Serang agar tidak ada lagi penyebaran virus corona di Ibu Kota Provinsi Banten tersebut.

“Kita kontrol semua kegiatan masyarakat yang ada di Sukawana, jadi penanganannya lebih terpantau hingga tingkat RT/RW,” kata Lurah Sukawana, Saefulloh di ruang kerjanya, Senin (22/3/2021).

Pada dasarnya, pelaksanaan PPKM ini hampir sama dengan PSBB. Hanya saja, PPKM dilakukan di level tingkat paling bawah yakni di tingkat RW hingga RT.

“Mulai dari penganggaran, upaya penanganan, kemudian juga sosialisasi, sama saja sebenarnya seperti PSBB,” ujarnya.

Ia mengatakan, pihaknya juga membatasi setiap kegiatan warga yang bisa menimbulkan keramaian di tengah masyarakat.

“Kita batasi kegiatan yang bisa menimbulkan keramian, apalagi sebentar lagi mau isro miraj,” ucapnya.

Di fasilitas-fasilitas umum misalnya, pihak kelurahan juga telah menyediakan tempat untuk mencuci tangan dan imbauan agar tetap melaksanakan prtokol kesehatan.

“Kami juga terus mengingatkan masyarakat agar tetap memperhatikan dan menjalankan protokol kesehatan untuk menekan penyebaran Covid-19 ini,” terangnya.

Diketahui sebelumnya, Wali Kota Serang telah mengeluarkan Instruksi Wali Kota Nomor 1 Tahun 2021 tentang Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) berskala Mikro.

Pada poin 4 huruf (C) dalam Instruksi tersebut, Pemkot menginstruksikan agar pemerintah di tingkat bawah, mengoptimalkan kembali posko Satgas COVID-19 di Kelurahan sampai tingkat RT/RW.

“Terkait Instruksi Mendagri Nomor 4 Tahun 2021 dan Instruksi Gubernur Banten yaitu terkait Penerapan PPKM skala mikro, sebetulnya kita sudah melaksanakannya dari sebelumnya," kata Wali Kota Serang, Syafrudin.

Untuk diketahui, Kemendagri telah menginstruksikan kepada seluruh desa di Indonesia untuk melakukan PPKM berskala Mikro.

Untuk pembiayaannya, ditanggung melalui dana desa (DD) yang dikucurkan oleh Pemerintah Pusat.

Pelaksanaan PPKM di tingkat desa, juga telah diatur dalam Peraturan Menteri Dalam Negeri (Permendagri) Nomor 4 Tahun 2021. [adv]

Editor: Indra Gunawan
Publisher: Mulyadi
Bagikan:

KOMENTAR

Lawan Covid-19, Kelurahan Sukawan Kota Serang Terapkan PPKM Mikro di Tingkat RT/RW
NCLOTHING PROMO NEWSmedia TV
Top