Rabu, 12 Agustus 2020 |
Kesehatan - News Gallery

Manfaat Rahasia Kunyit Bagi Kesehatan Gigi

Rabu, 17 Mei 2017 | 01:02 WIB Dibaca: 930 Pengunjung

Kunyit.*

[NEWSmedia] - Di Indonesia, kunyit kerap digunakan sebagai bumbu masakan atau, bagi penggemar jamu, minuman yang mengandung sari kunyit dipercaya bisa mengurangi rasa pegal linu. Manfaat kunyit memang banyak. Namun, seperti yang dilansir oleh Well and Good, kunyit ternyata dapat memutihkan gigi dengan cara alami.

Secara logika ini mungkin sulit untuk diterima, mengingat zat pewarna kunyit terkadang sering sekali sulit dihapus jika sudah menempel di baju. Zat warna dalam kunyit juga kerap digunakan sebagai penambah warna dalam makanan seperti gulai atau pewarna kuku pada pengantin baru.

Namun, ternyata zat pewarna ini tidak akan menempel pada gigi, malah sebaliknya membuat putih. Seorang blogger kecantikan, Farah Dhukai, mengunggah video bagaimana caranya menyikat gigi menggunakan kunyi dan minyak kelapa dan membuat gigi putih mutiara secara alami.

Hasilnya bahkan terlihat lebih putih dari pada menggunakan odol pemutih yang dijual bebas. Ternyata, para guru holistik di era pengobatan Ayurveda telah mengetahui manfaat ini.

“Dalam Ayurveda, aspek minyak kelapa yang menjadi perhatian karena memiliki kemampuan minyak untuk menarik. Namun, begitu minyak ini diinfusikan dengan herbal, tidak hanya manfaat minyak tetapi masing-masing herbal akan membantu memperbaiki kesehatan gigi,” terang Trudy Collings, ahli pengobatan Ayurveda dan pendiri Paavani healing company. Secara spesifik, kunyit dapat mengurangi peradangan gusi dan memiliki kemampuan untuk melawan bakteri.

“Kunyit membantu gigi lebih putih dan minyak kelapa mengurangi plak, melawan bakteri penyebab lubang dan penyakit gusi lainnya,” tambah Collings. Manfaat memutihkan gigi ini juga didukung dengan penjelasan pelaku medis modern.

“Kadar lemak dalam minyak kelapa melekatkan bakteri gigi sekaligus menariknya. Itu sebabnya noda gigi hilang. Sedangkan kualitas abrasif kunyit membantu untuk lebih membersihkan serta mengkilatkan gigi. Selain kunyit, saya merekomendasikan juga penggunaan bubuk soda kue untuk hasil yang sama,” ujar Victoria Veytsman, DDS, seorang dokter kosmetik gigi.

Hal yang terbaik dari penggunaan minyak kelapa dan kunyit ini adalah kedua bahan ini mudah terjangkau karena ada di dalam dapur dan tidak memiliki efek samping layaknya pemutih gigi lainnya.

“Terkadang memutihkan gigi dapat menyebabkan gigi rentan, sakit dan menipisnya gusi karena bahan kimia yang terdapat dalam pemutih tersebut,” tambah Collings. [cnn]

Editor: Newsmedia
Publisher: Mulyadi
Bagikan:

KOMENTAR

Manfaat Rahasia Kunyit Bagi Kesehatan Gigi
NCLOTHING PROMO NEWSmedia TV
Top