Senin, 21 Januari 2019 |
Kesehatan - News Gallery

Masalah dan Cara Menjaga Kesehatan Kuku Kaki

Minggu, 13 Jan 2019 | 01:03 WIB Dibaca: 101 Pengunjung

Foto ilustrasi

[NEWSmedia] - Kuku kaki adalah bagian tubuh yang paling jarang diperhatikan. Mungkin karena letaknya di bawah dan sering tertutup alas kaki yang dipakai, membuatnya kerap kali dilupakan.

Padahal, kuku kaki juga perlu diperhatikan kebersihan dan estetikanya seperti yang selama ini kita lakukan pada kuku jari tangan. Mereka juga perlu dirawat agar terhindar dari bau tidak sedap atau bahkan infeksi jamur.

Nah, untuk itu sebaiknya Anda mengetahui masalah dan cara menjaga kesehatan kuku kaki yang akan di bahas berikut ini!

Apa saja masalah kuku kaki yang harus di waspadai?

– Bau kaki

Pada banyak kasus, kaki bisa berbau karena bakteri yang bercampur dengan keringat yang diproduksi oleh kaki kita. Kebersihan yang baik akan membantu mengurangi bau.

– Jamur kuku

Infeksi jamur dapat terjadi pada kulit atau kuku yang berada di tempat paling gelap dan paling lembap. Contoh paling umum adalah kaki atlet yang sering berkembang di sela-sela jari yang lembap. Ia menular dan mengeluarkan bau tak sedap.

Infeksi jamur atau disebut juga onychomycosis terjadi ketika jamur menyelinap ke dalam kuku. Infeksinya dapat mengubah tampilan kuku secara permanen. Infeksi ini cenderung lebih sering terjadi pada kuku kaki yang jarang terkena cahaya dibandingkan pada kuku jari tangan.

Gejala yang paling sering muncul pada infeksi jamur adalah kuku menjadi menebal dan berubah warna dengan percikan hitam, putih, kuning, atau hijau. Jika dibiarkan dan tidak diobati, kulit akan menjadi meradang dan terasa nyeri di dalam atau sekitar kuku kaki.

– Kuku kaki menebal

Penebalan kuku kaki adalah masalah umum lain yang dialami seiring bertambahnya usia. Kadang orang-orang keliru dengan gejala jamur kuku. Namun jika Anda selalu mengenakan sepatu yang sempit seumur hidup atau terlibat dengan olahraga seperti tenis atau lari, Anda akan sangat mungkin mengalami penebalan kuku kaki. Terutama pada kuku jempol.

Ini karena dari waktu ke waktu, kuku kaki menebal karena trauma dan tekanan terus menerus pada mereka. Sayangnya masih belum ada cara untuk menyembuhkan ini meski penebalan kuku kaki dapat membuat acara gunting kuku kaki lebih sulit.

– Kuku kaki tumbuh ke dalam

Masalah ini terjadi ketika bagian kuku kaki menusuk kulit sehingga menyebabkan rasa sakit yang luar biasa dan terkadang juga infeksi. Kuku kaki tumbuh ke dalam dapat terjadi karena penggunaan sepatu yang sempit atau kesalahan ketika memotong kuku.

Secara umum, sepatu yang sempit tidak memberikan ruang yang cukup untuk pertumbuhan kuku. Sementara itu, kuku juga tidak boleh dipotong terlalu pendek atau terlalu jauh ke sudut.

– Kapalan dan Mata Ikan

Kapalan terjadi ketika sebuah area mengalami tekanan terus menerus, contohnya, telapak kaki. Sementara mata ikan mirip dengan kapalan namun lebih terkonsentrasi di area kecil dan menyebabkan rasa sakit yang berlebih.

Lalu, bagaimana cara menjaga kesehatan kuku kaki?

Agar tidak terjadi masalah kesehatan kuku kaki yang telah disebutkan di atas, sebaiknya Anda selalu menjaga kesehatannya sejak dini, hal yang bisa Anda lakukan untuk menjaganya agar tetap sehat dan bersih adalah sebagai berikut:

1. Jagalah kebersihannya

Tahap paling penting dalam perawatan kesehatan kuku kaki adalah menjaganya agar selalu bersih, kering, dan nyaman. Jika Anda benar-benar ingin memanjakan kaki, alokasikan dana pada cairan rendaman kaki atau scrub untuk membersihkan dan mengelupas kulit.

Carilah produk dengan pelembap yang baik seperti minyak tea tree atau lidah buaya untuk bantu menjaga kaki terasa segar dan bersih. Pastikan untuk membersihkan sela-sela jari kaki dan mengeringkan kaki Anda. Lanjutkan dengan pelembap untuk menjaga kuku, jari, dan kaki sehat.

2. Gunakan sepatu atau kaus kaki yang ramah pada jari kaki

Sepatu yang tidak pas akan membuat tidak nyaman dalam berjalan dan berolahraga. Ia juga dapat memengaruhi kesehatan kuku kaki. Tekanan dari sepatu atau kaus kaki yang tidak pas dapat menyebabkan kuku jari kaki yang tumbuh ke dalam dan berujung pada infeksi yang menyakitkan.

Khususnya jika Anda adalah penderita diabetes. Pastikan Anda mengenakan sepatu yang pas dan memberi jari kaki ruang untuk menapak dengan nyaman.

3. Seringlah mengganti sepatu

Mengenakan sepatu yang masih lembap setelah kemarin dipakai berolahraga hanya akan meningkatkan risiko infeksi kuku kaki. Jadi, miliki beberapa pasang sepatu adalah ide yang baik.

Jangan mengenakan sepatu yang sama dua hari berturut-turut. Biarkan udara di dalam sepatu tersirkulasi setelah pemakaian. Pastikan juga sepatu disimpan di tempat terbuka agar dapat kering seluruhnya.

4. Potong kuku dengan hati-hati

Tips lain untuk perawatan kuku kaki adalah menjaga kuku selalu rapi dan pendek. Ini adalah cara mudah untuk menghindari kuku kaki yang tumbuh ke dalam dan juga mengurangi risiko infeksi jamur.

Rutinlah memotong kuku kaki Anda. Jika kuku kaki Anda keras, rapuh, atau sulit dipotong, cobalah potong setelah mandi ketika kuku lebih lembut.

5. Hindari bertelanjang kaki di area publik

Ruang loker, kolam renang umum, pemandian umum, dan area sejenisnya dipenuhi jamur yang menunggu untuk menjangkiti kaki Anda. Pastikan untuk selalu gunakan sandal atau sepatu mandi di lingkungan yang lembap.

Dengan perawatan yang tepat dan rutin, dijamin berbagai masalah kesehatan kuku kaki  di atas bisa dihindari. Jadi, jangan mengabaikan perawatan dan kesehatan kuku kaki, ya. Ayo mulai dirawat dan dijaga kebersihanya! [go-dok]

Editor: Newsmedia
Publisher: Mulyadi
Bagikan:

KOMENTAR

Masalah dan Cara Menjaga Kesehatan Kuku Kaki

BERITA TERKAIT

NCLOTHING PROMO NEWSmedia TV
Top