Jumat, 23 Juli 2021 |
News Room - Banten Memilih

Membangun Banten Secara Riil, WH-Andika akan Menata Pasar Tradisional

Senin, 31 Okt 2016 | 14:14 WIB Dibaca: 1829 Pengunjung

Calon Wakil Gubernur Banten, Andika Hazrumy di Pasar Rau, Kota Serang, Senin (31/10/2016) pagi.*

SERANG, [NEWSmedia] - Penataan dan pengembangan pasar tradisional menjadi salah satu program bagi pasangan calon Gubernur-Wakil Gubernur Banten nomor urut satu, Wahidin Halim-Andika Hazrumy. Bagi pasangan ini, pasar tradisional menjadi bagian penting untuk menggerakan ekonomi kerakyatan secara nyata.

"Salah satu masalah utama yang dirasakan oleh masyarakat, khususnya ibu rumah tangga di Ibu kota provinsi adalah ketersediaan bahan pokok dengan harga terjangkau. Para ibu rumah tangga merasakan betul betapa pentingnya persoalan harga barang-barang kebutuhan pokok," kata Andika Hazrumy ditemui di Pasar Rau, Kota Serang, Senin (31/10/2016) pagi.

Andika menjelaskan alasan dirinya mendatangi sejumlah pasar tradisional,  karena itu salah satu program yang akan dijalankan untuk membangun Banten secara riil atau nyata. Dengan begitu, kesejahteraan masyarakat akan terwujud melalui sektor perekonomian.

Di pasar tradisional, mantan anggota DPR RI dari Fraksi Golkar ini menyerap aspirasi para pedagang. Selain keberadaan sarana dan prasarana, juga mengenai ketersediaan pasokan barang kebutuhan pokok.

"Jadi kita mulai dari pasar, karena di sini roda perekonomian rakyat bergerak. Pasar tradisional menjadi salah satu program utama kita. Kami (WH-Andika) akan merevitalisasi, merehabilitasi sekaligus melakukan penataan dan perbaikan bagi pasar-pasar tradisional di Banten," kata Andika.

Teknisnya, WH-Andika menggagas pasar bersih, infrastruktur yang baik dan nyaman serta kecukupan stok/ketersediaan barang yang dibutuhkan masyarakat.

"Intinya, jika kita nanti mendapat amanah memimpin Provinsi Banten, salah satu yang pertama yang kita kerjakan adalah memperbaiki pasar-pasar, membuat itu menjadi nyaman, dan membuar akses menjadi mudah. Kita juga ingin agar para pedagang mendapatkan kepastian, bahwa mereka bisa berada di tempat ini dengan jangka waktu yang panjang," kata anak sulung mantan Gubernur Banten, Ratu Atut Chosiyah ini.

Dijelaskan Andika, di pasar tradisional, orang-orang bukan sekadar berkegiatan ekonomi, melainkan terdapat interaksi yang melambangkan budaya timur.

"Maka ini harus dipertahankan dengan memperhatikan kebersihan dan kenyamanan, agar pasar tradisional bisa bersaing dengan pasar modern," ujarnya. [*]

Editor: Indra Gunawan
Publisher: Muhammad Adi
Bagikan:

KOMENTAR

Membangun Banten Secara Riil, WH-Andika akan Menata Pasar Tradisional
NCLOTHING PROMO NEWSmedia TV
Top