Rabu, 12 Agustus 2020 |
Pariwisata - News Gallery

Menikmati Indahnya Pasir Putih dan Deburan Ombak Pantai Ngliyep Malang

Jumat, 19 Jan 2018 | 16:04 WIB Dibaca: 799 Pengunjung

Keindahan Pantai Ngliyep Malang.*

[NEWSmedia] - Mentari baru saja beranjak dari cakrawala pagi. Sinarnya hangat menyapa. Di tengah cahaya mentari penuh kedamaian, mencoba melintasi jalan berkelok diselingi tanjakan dan turunan tajam, mengitari perbukitan kapur, di antara rerimbunan hutan.

Jalur berliku, yang menyajikan pemandangan elok di antara perbukitan hijau. Menjadi sajian alam yang memanjakan mata. Sajian alam ini, selalu menyapa ramah setiap wisatawan yang akan berkunjung ke pesisir selatan Kabupaten Malang, Jawa Timur, seperti halnya di Pantai Ngliyep.

Pantai Ngliyep, terletak di wilayah Kecamatan Donomulyo, dan berjarak sekitar 65 kilometer (km) ke arah selatan dari pusat Kota Malang. Menyajikan lukisan misteri ilahi begitu indah. Hamparan pasir putih membentang di sepanjang bibir pantai, seolah menjadi selendang panjang di antara deburan obak yang bergulung-gulung menuju tepian pantai.

Ganasnya ombak Samudera Indonesia, menjadi alunan merdu bagi siapapun yang mengunjunginya. Pasir putih yang panjangnya bisa mencapai 2 km, selalu menyisakan jejak-jejak kaki saat dilintasi.

“Sebelum masuk ke wilayah pantai, ada sendang atau sumber air tawar di sisi kanan, dan Gunung Kombang di sisi kiri,” ujar Supianto, penjaga loket masuk Pantai Ngliyep.

Pantai Ngliyep banyak dikaitkan dengan keberadaan cerita tentang Nyi Roro Kidul sebagai penguasa Pantai Selatan. Sehingga, bukan hanya wisatawan yang ingin menikmati indahnya pantai saja yang berkunjung ke sana, tetapi juga banyak wisatawan yang sengaja datang untuk menjalani laku spiritual di sendang dan Gunung Kombang.

Pada bulan Maulud di kalender tahun Jawa, Pantai Ngliyep juga sangat ramai dikunjungi wisatawan. Ini karena ada upacara Labuhan yang selalu dilaksanakan pada tanggal 15 Maulud. Upacara ini berupa kegiatan korban, yakni berupa pelepasan kepala hewan ternak seperti sapi atau kambing ke tengah laut sebagai sesaji.

“Pada masa liburan sekolah, atau liburan setelah Lebaran. Pantai ini juga ramai dikunjungi wisatawan. Sehari bisa mencapai sekitar 2.000 orang pengunjung,” papar dia.

Keberadaan pasir putih yang mengitari pantai, membuat pantai ini tidak kalah menawan dengan Pantai Kuta di Bali. Selain itu, terdapat muara sungai, yang mempertemukan air tawar dari daratan dan air asin dari samudera.

Bergeser ke sisi timur, terdapat perbukitan yang lebat dengan tanaman liar. Kawasan ini, dikenal dengan Gunung Kombang. Wisatawan bisa menyusuri kawasan hutan yang masih lestari ini, untuk menyegarkan hati.

“Pantainya sangat indah, dan sangat cocok untuk wisata keluarga. Hamparan pasir putihnya sangat luas, sehingga bisa dibuat bermain anak-anak. Jalur menuju kawasan ini juga sangat mudah dijangkau,” ujar Wibowo (32) wisatawan dari Kota Surabaya.

Keberadaan pantai-pantai di pesisir selatan Kabupaten Malang, layaknya lukisan surgawi yang penuh keindahan dan kedamaian. Pantai-pantai tersebut, menjadi kawasan unggulan wisata bagi kabupaten ini. Selain wisata sejarah, peninggalan masa kejayaan Kerajaan Singhasari.

Berbagai upaya untuk meningkatkan kunjungan ke kawasan wisata pesisir selatan ini, terus dilakukan oleh Pemkab Malang. Kehadiran Jalur Lintas Selatan (JLS), juga turut memudahkan akses bagi wisatawan saat mengunjungi deretan pantai-pantai tersebut.  [okz]

Publisher: Muhammad Adi
Bagikan:

KOMENTAR

Menikmati Indahnya Pasir Putih dan Deburan Ombak Pantai Ngliyep Malang
NCLOTHING PROMO NEWSmedia TV
Top