Minggu, 13 Juni 2021 |
News Gallery - Tekno

Musim Mudik Leabaran, Ini Tips Memilih Ban Motor yang Tepat

Senin, 21 Mei 2018 | 13:00 WIB Dibaca: 711 Pengunjung

Foto ilustrasi.*

[NEWSmedia] - Sepeda motor menjadi salah satu alat transportasi favorit buat mudik Lebaran. Biasanya, pemudik akan bawa banyak barang yang tentu saja bisa melebihi bobot yang ditentukan pabrikan.

Untuk itu, pemilihan ban yang tepat bisa membuat perjalanan mudik lebih aman dan nyaman. Pilihan paling mendasar itu tentu saja apakah model tubeless (tanpa ban dalam) atau yang memakai ban dalam alias tube type.

Kalau naik motor di kota-kota besar, tentu saja pilihannya mudah untuk memilih ban tubeless. Soalnya, bengkel-bengkel tambal ban dengan kemampuan perbaikan untuk yang satu itu sudah umum.

Namun, bukan berarti yang tube type tidak ada untungnya, seperti dikatakan Jimmy Handoyo, Technical Development Department Head PT Suryaraya Rubberindo Industries (SRI), produsen ban FDR.

"Tergantung kondisi daerah di mana kita akan mudik. Apabila daerah tersebut cukup banyak tempat tambal ban tubeless, maka sebaiknya pakai ban yang tipe tubeless karena lebih aman," ujarnya.

Dengan begitu, kata dia, saat ban bocor, maka pengendara punya kesempatan untuk menambalnya di tempat tambal ban.

"Namun apabila daerahnya masih jarang tempat tambal ban tubeless, maka pakailah ban tipe tubetype," tambah dia. Ia juga menyarankan agar pengendara membawa ban dalam cadangan. [lpt]

Publisher: Muhammad Adi
Bagikan:

KOMENTAR

Musim Mudik Leabaran, Ini Tips Memilih Ban Motor yang Tepat
NCLOTHING PROMO NEWSmedia TV
Top