• Minggu, 26 September 2021

Indonesia Bangkit dan Bungkamkan Thailand

- Rabu, 14 Desember 2016 | 21:50 WIB
Timnas Indonesia.*
Timnas Indonesia.*

[NEWSmedia] - Tim nasional Indonesia memanfaatkan dengan baik dukungan suporter di Stadion Pakansari, Cibinong. Sempat tertinggal lebih dulu, pasukan Alfred Riedl bisa bangkit dan meraih kemenangan 2-1 atas Thailand, dalam final leg pertama Piala AFF 2016, Rabu 14 Desember 2016.

Di babak pertama, rencana permainan cepat Alfred Riedl terlihat dengan tusukan pasukan Garuda di menit pertama, sayang gagal karena perangkap offside. Dua menit kemudian, Andik Vermansyah kembali berusaha melakukan tusukan dari sayap kanan, namun dapat digagalkan oleh bek kiri Thailand.

Bermain di Indonesia, Kiatisuk Senamuang terlihat menerapkan permainan hati-hati, menunggu barisan belakang Indonesia melakukan kesalahan. Menit tujuh, strategi Thailand mulai memperlihatkan hasil, dengan tiga pemain mereka bisa masuk ke dalam kotak penalti Kurnia Meiga.

Semenit kemudian, blunder yang ditunggu datang. Rizky Pora melakukan operan balik ke arah kiper, tapi terlalu lemah dan bisa dikejar Chanathip Songkrasin. Indonesia masih beruntung, karena tendangan Messi Thailand tersebut masih menyimpang dari gawang.

Sepak pojok tidak diantisipasi dengan baik oleh timnas Indonesia. Empat pemain Thailand, termasuk striker tajam Teerasil Dangda berdiri bebas di depan gawang. Hanya penyelesaian yang buruk, bisa menyelamatkan gawang Meiga.

Pemain-pemain Thailand bermain disiplin, dan serangan balik the War Elephants berkali-kali bisa mengancam pertahanan Indonesia, melalui umpan-umpan terobosan. Pertahanan Thailand juga bukan tidak terancam, tapi kurang kerja sama apik di antara para pemain, seperti terlihat di menit 16.

Stefano Lilipaly meliuk di lapangan tengah, dan bisa menipu dua pemain lawan. Tapi, dia terlalu egois berusaha menendang langsung, walau ada beberapa pemain Indonesia yang berada di posisi lebih baik. Pukulan bagi Riedle di menit 19, saat Andik ditarik keluar karena cedera dan digantikan oleh Zulham Zamrun.

Lewat 30 menit, umpan-umpan panjang Indonesia tidak terlihat efektif lagi, karena bisa dipotong dengan mudah oleh Thailand. Kekhawatiran Riedl tentang fisik pemain yang kurang prima, terlihat jelas dengan melambatnya gerakan para pemain Indonesia.

Hilangnya fokus membuat Thailand sukses menghukum Indonesia. Teerasil berdiri bebas di depan gawang, tidak dijaga dengan baik oleh dua bek Indonesia. Theerathon Bunmathan mengirimkan umpan silang yang cantik dari kiri, disambut dengan sundulan akurat Teerasil ke pojok kiri gawang Meiga di menit 33.

Halaman:

Editor: Mulyadi

Tags

Terkini

5 Ide Menu Sarapan yang Bisa Dibuat dengan Air Fryer

Senin, 11 Januari 2021 | 07:16 WIB

Menguak Fakta di Balik Mitos soal Menstruasi

Sabtu, 19 Desember 2020 | 06:19 WIB

5 Cara Budidaya Paprika Supaya Tunai Untung

Senin, 26 Oktober 2020 | 07:34 WIB

Tips Cegah Covid-19 di Tempat Kerja

Senin, 29 Juni 2020 | 09:35 WIB

Bocoran 6 Fitur Baru WhatsApp yang Sedang Diuji

Jumat, 12 Juni 2020 | 19:23 WIB

5 Manfaat Telur Makanan Favorit si Kecil

Rabu, 10 Juni 2020 | 13:04 WIB

Tips Membersihkan Alat Makeup di Masa Pandemi

Rabu, 10 Juni 2020 | 11:04 WIB

Cara Pakai Face Wash yang Tepat

Rabu, 10 Juni 2020 | 09:04 WIB

3 Makanan untuk Kulit Cantik, Nomor 1 Coklat

Selasa, 9 Juni 2020 | 09:30 WIB
X