• Sabtu, 26 November 2022

Manfaat dan Efek Samping Pepaya Muda Untuk Kesehatan

- Sabtu, 25 Februari 2017 | 00:01 WIB
Pepaya muda.*
Pepaya muda.*

[NEWSmedia] - Siapa yang belum pernah makan buah pepaya? Buah yang berwarna oranye ini memiliki rasa yang enak. Apalagi jika dikonsumsi dalam keadaan dingin dan di waktu siang hari yang panas. Pasti sangat menyegarkan.

Berbicara tentang pepaya, sebenarnya bukan hanya pepaya yang sudah matang saja yang bisa dimakan. Bahkan pepaya yang masih muda pun bisa Anda konsumsi, yaitu sebagai sayur atau sebagai obat alami kesehatan tubuh.

Hal ini telah dibuktikan oleh banyak orang bahwa buah pepaya muda memiliki manfaat yang luar biasa untuk kesehatan. Manfaat dari pepaya muda itu sendiri sangatlah banyak. Anda bisa memanfaatkannya sesuai kebutuhan. Namun Anda juga perlu ingat, jangan mengonsumsinya secara berlebihan. Sebab, buah pepaya muda ini juga memiliki efek samping. Untuk lebih jelasnya.

Berikut ini beberapa manfaat dan efek samping buah pepaya muda untuk kesehatan:

Manfaat buah pepaya muda

- Meningkatkan sistem kekebalan tubuh
Pepaya muda memiliki kandungan alami yang dapat membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Baik itu buah pepaya muda maupun bijinya dapat membuat tubuh menjadi lebih kuat dan tahan terhadap serangan penyakit. Hal ini karena adanya vitamin A, C, dan E. Dan jika anda ingin terhindar dari pilek, infeksi, dan batuk, konsumsilah pepaya muda secara rutin.

- Menjaga pencernaan
Pepaya memiliki kandungan enzim papain dan chymopapain yang dapat membantu menjaga kesehatan pencernaan dan terbentuknya gas dalam perut. Dengan mengkonsumsi buah pepaya muda secara rutin, maka perut akan terhindar dari kembung dan juga akan terhindar dari masalah pencernaan.

- Menyembuhkan konstipasi
Kandungan papain yang ada dalam buah pepaya muda juga dapat membantu mengatasi konstipasi secara alami. Bahkan yang sudah matang pun tak memiliki papin sebanyak pepaya muda. Oleh sebab itu pepaya muda sangat baik untuk anda konsumsi.

- Membersihkan usus
Pepaya muda juga memiliki kandungan yang dapat membantu membersihkan usus anda secara alami. Kandungan nutrisi dan mineral didalamnya dapat menyehatkan pencernaan. Mengkonsumsi buah pepaya muda secara rutin akan dapat membantu membersihkan usus dari zat beracun dan kotoran yang tidak diinginkan.

Halaman:

Editor: Mulyadi

Tags

Terkini

5 Ide Menu Sarapan yang Bisa Dibuat dengan Air Fryer

Senin, 11 Januari 2021 | 07:16 WIB

Menguak Fakta di Balik Mitos soal Menstruasi

Sabtu, 19 Desember 2020 | 06:19 WIB

5 Cara Budidaya Paprika Supaya Tunai Untung

Senin, 26 Oktober 2020 | 07:34 WIB

Tips Cegah Covid-19 di Tempat Kerja

Senin, 29 Juni 2020 | 09:35 WIB

Bocoran 6 Fitur Baru WhatsApp yang Sedang Diuji

Jumat, 12 Juni 2020 | 19:23 WIB

5 Manfaat Telur Makanan Favorit si Kecil

Rabu, 10 Juni 2020 | 13:04 WIB

Tips Membersihkan Alat Makeup di Masa Pandemi

Rabu, 10 Juni 2020 | 11:04 WIB

Cara Pakai Face Wash yang Tepat

Rabu, 10 Juni 2020 | 09:04 WIB