• Selasa, 24 Mei 2022

Teh Dari Kulit Buah Naga Mampu Menghambat Tumbuhnya Tumor dan Kanker

- Jumat, 17 Maret 2017 | 06:31 WIB
khasiat dari kulit buah naga.*
khasiat dari kulit buah naga.*

[NEWSmedia] - Semua orang pasti kenal dengan buah yang bernama buah naga. Selain warna kulitnya yang khas dan menarik berwarna keunguan, buah ini juga memiliki banyak sekali khasiat yang tak terduga.

Buah naga atau dragon fruit atau buah pitaya berbentuk bulat lonjong seperti nanas yang memiliki sirip warna kulitnya merah jambu dihiasi sulur atau sisik seperti naga.

Apakah anda tahu eksistensi dari buah naga? Mungkin tidak banyak yang mengetahui eksistensi dari buah naga dan apa saja manfaat yang diberikan oleh buah naga atau kulit buah naga. Khasiat dari buah naga sendiri di antaranya adalah diyakini dapat menghambat pertumbuhan tumor dan menghambat pertumbuhan sel kanker.

Teh dari kulit buah naga dipercaya mampu menghambat pertumbuhan tumor dan kanker. Buah naga atau dragon fruit mempunyai kandungan zat bioaktif yang bermanfaat bagi tubuh di antaranya antioksidan (dalam asam askorbat, betakaroten, dan antosianin), serta mengandung serat pangan dalam bentuk pektin.

Selain itu, dalam buah naga terkandung beberapa mineral seperti kalsium, phosfor, besi, dan lain-lain. Vitamin yang terdapat di dalam buah naga antara lain vitamin B1, vitamin B2, vitamin B3, dan vitamin C. Dengan demikian, baik kulit dan buah dapat bermanfaat terutama dalam makanan atau minuman. Hebat bukan?

Selain itu zat antioksidan yang terdapat pada teh kulit buah naga mampu menghilangkan, membersihkan dan menghambat pembentukan ataupun memadukan efek spesies oksigen reaktif. Penggunaan senyawa antioksidan juga anti radikal saat ini semakin meluas seiring dengan semakin besarnya pemahaman masyarakat tentang peranannya dalam menghambat penyakit degeneratif seperti penyakit jantung, arteriosklerosis, kanker, tumor serta gejala penuaan.

Masalah-masalah ini berkaitan dengan kemampuan antioksidan untuk bekerja sebagai inhibitor (penghambat) reaksi oksidasi oleh radikal bebas reaktif yang menjadi salah satu pencetus penyakit-penyakit di atas.

Sangat mudah sekali cara pembuatan teh kulit buah naga ini. Pertama kulit buah naga diiris-iris kecil kemudian dijemur sampai kering kira-kira satu hari, setelah kering irisan kulit buah naga kemudian diseduh dengan air mendidih. Lalu sajikan dan minum di pagi dan malam hari sebelum tidur. Efek samping setelah meminum teh kulit buah naga ini adalah mudah buang air kecil.

Ayo mulai dari sekarang mulailah hidup sehat, karena lebih baik mencegah dari pada mengobati!. [cnn]

Halaman:

Editor: Mulyadi

Tags

Terkini

5 Ide Menu Sarapan yang Bisa Dibuat dengan Air Fryer

Senin, 11 Januari 2021 | 07:16 WIB

Menguak Fakta di Balik Mitos soal Menstruasi

Sabtu, 19 Desember 2020 | 06:19 WIB

5 Cara Budidaya Paprika Supaya Tunai Untung

Senin, 26 Oktober 2020 | 07:34 WIB

Tips Cegah Covid-19 di Tempat Kerja

Senin, 29 Juni 2020 | 09:35 WIB

Bocoran 6 Fitur Baru WhatsApp yang Sedang Diuji

Jumat, 12 Juni 2020 | 19:23 WIB

5 Manfaat Telur Makanan Favorit si Kecil

Rabu, 10 Juni 2020 | 13:04 WIB

Tips Membersihkan Alat Makeup di Masa Pandemi

Rabu, 10 Juni 2020 | 11:04 WIB

Cara Pakai Face Wash yang Tepat

Rabu, 10 Juni 2020 | 09:04 WIB

3 Makanan untuk Kulit Cantik, Nomor 1 Coklat

Selasa, 9 Juni 2020 | 09:30 WIB