• Kamis, 23 September 2021

Efek Berbahaya Mi Instan Bagi Penderita Asam Urat

- Sabtu, 20 Mei 2017 | 00:01 WIB
Mi  Instan.*
Mi Instan.*

[NEWSmedia] - Asam urat merupakan suatu penyakit yang banyak dipengaruhi oleh makanan sehari-hari. Untuk itu, bagi penderita asam urat sangat penting mengetahui jenis makanan apa saja yang harus di hindari. Karena, jika terus dibiarkan bukan hanya rasa sakit yang timbul disekitar persendian saja. Tetapi, akibat pola makan yang tidak sehat maka penderita asam urat bisa mengalami batu ginjal yang cukup mematikan.

Mie Instan merupakan salah satu jenis makanan siap saji yang saat ini banyak digemeri orang-orang. Makanan yang satu ini adalah salah satu jenis makanan pantangan asam urat yang harus benar-benar di hindari. Makanan yang satu ini memang sudah sangat terkenal di seluruh dunia terutama di wilayah Asia. Di Indonesia sendiri mie instan ini hadir dengan berbagai merk dan juga banyaknya aneka rasa yang tentunya membuat banyak orang mengegemari makaan ini.

Mie instan pada umumnya memang mempunyai kandungan karbohidrat. Tetapi, dialamnya juga terdapat kandungan garam, MSG dan pengawet buatan yang cukup tinggi. Sedangkan kandungan serat dan proteinnya sangat rendah. Sehingga makanan instan yang satu ini tidak baik jika dikonsumsi terlalu sering terutama bagi penderit asam urat.

Meskipun mie instan ini rendah purin, tetapi jika dikonsumsi terlalu sering ini akan sangat berbahaya dan mengancam kematian bagi penderita asam urat. Karena, banyaknya kandungan kimia seperti pengawet dan perwarna buatan yang ada dalam mie instan ini dapat merusak sistem metabolisme tubuh. Jika metabolisme tubuh sudah mengalami gangguan maka zat purin yang menghasilkan asam urat akan menumpuk di dalam tubuh.

Bahkan, sampai saat ini tidak sedikit kasus penderita asam urat yang mengalami komplikasi penyakit batu ginjal atau gagal ginjal yang cukup mematikan. Hal ini karena, kadar asam urat yang tinggi bisa terus menumpuk dalam tubuh bahkan bisa membentuk batu ginjal dan merusak fungsi ginjal. Akibatnya penderita harus bergatung hidup dengan melakukan cuci darah 2 kali dalam sati pekan.

Nah, untuk itulah bagi anda yang saat ini mempunyai masalah dengan asam urat sebaiknya mulai mengatur asupan makanan dan menghindari pantangan termasuk mie instan. Jangan sampai kondisi yang anda anggap sepele ini justru bisa mengancam kesehatan bahkan menyebabkan kematian.

Bukan hanya menghindari konsumsi mie instan saja. Penderita asam urat juga harus memilih pengobatan yang tepat untuk mengatasi gejala dan menghindari terjadinya komplikasi penyakit yang cukup mematikan. [viva]

Editor: Mulyadi

Tags

Terkini

5 Ide Menu Sarapan yang Bisa Dibuat dengan Air Fryer

Senin, 11 Januari 2021 | 07:16 WIB

Menguak Fakta di Balik Mitos soal Menstruasi

Sabtu, 19 Desember 2020 | 06:19 WIB

5 Cara Budidaya Paprika Supaya Tunai Untung

Senin, 26 Oktober 2020 | 07:34 WIB

Tips Cegah Covid-19 di Tempat Kerja

Senin, 29 Juni 2020 | 09:35 WIB

Bocoran 6 Fitur Baru WhatsApp yang Sedang Diuji

Jumat, 12 Juni 2020 | 19:23 WIB

5 Manfaat Telur Makanan Favorit si Kecil

Rabu, 10 Juni 2020 | 13:04 WIB

Tips Membersihkan Alat Makeup di Masa Pandemi

Rabu, 10 Juni 2020 | 11:04 WIB

Cara Pakai Face Wash yang Tepat

Rabu, 10 Juni 2020 | 09:04 WIB

3 Makanan untuk Kulit Cantik, Nomor 1 Coklat

Selasa, 9 Juni 2020 | 09:30 WIB
X