• Kamis, 23 September 2021

Kesalahan Diet Dapat Membahayakan Kesehatan

- Senin, 5 Juni 2017 | 06:30 WIB
Foto Ilustrasi
Foto Ilustrasi

[NEWSmedia] - Perempuan biasanya ingin memiliki tubuh langsing dan menawan. Untuk mewujudkan hal itu, mereka rela untuk diet ketat supaya berat badan turun drastis.

Namun, kebanyakan perempuan justru melakukan diet dengan cara yang salah. Saat itulah, sejumlah penyakit sudah siap untuk menerjang dan menikmati organ tubuh mereka.

Menurut Ahli Gizi dan Olahraga, Jansen Ongko, sejumlah kesalahan dalam melakukan diet dapat membuat seseorang terkena penyakit permanen seperti pertumbuhan terhambat, liver, malnutrisi, osteoporosis, gangguan sistem pencernaan hingga gagal jantung.

Jansen mengatakan, malnutrisi yang dialami seseorang bisa berupa kelebihan berat badan atau kekurangan berat badan. Seseorang yang kelebihan berat badan sangat dimungkinkan hanya memiliki lemak berlebih. Yang dimaksud mal nutrisi tersebut adalah asupan gizi seseorang yang belum tentu terpenuhi.

"Jika seseorang salah diet bisa sebabkan kena penyakit yang sifatnya permanen. Seperti contoh, seseorang diet hingga kekurangan vitamin tertentu seperti vitamin A yang akhirnya menyebabkan katarak," ujarnya.

Diet, kata Jansen, adalah mengatur pola makan. Namun, kebanyakan orang justru menilai diet merupakan cara untuk mengurangi porsi makan yang masuk dalam tubuh.

Menurut Jansen, ada sejumlah kesalahan yang sering dilakukan seseorang saat diet. Pertama, menyalahkan nasi putih sebagai salah satu penyebab kegemukan. Hal itu menjadi salah satu kesalahpahaman yang sudah menyebar di masyarakat.

Padahal, nasi putih merupakan asupan karbohidrat yang dibutuhkan oleh seseorang. Faktor kegemukan seseorang sebenarnya diakibatkan karena kelebihan makan. Meski menghindari nasi putih, tetapi diet tidak akan berhasil jika tetap memakan goreng-gorengan dan memakan makanan lain melebihi porsinya.

"Bandingkan dengan masyarakat Jepang. Jika nasi putih memang menyebabkan kegemukan, kenapa masyarakat Jepang yang setiap hari makan nasi putih tidak ada yang mengalami kegemukan?" ucapnya.

Halaman:

Editor: Mulyadi

Tags

Terkini

5 Ide Menu Sarapan yang Bisa Dibuat dengan Air Fryer

Senin, 11 Januari 2021 | 07:16 WIB

Menguak Fakta di Balik Mitos soal Menstruasi

Sabtu, 19 Desember 2020 | 06:19 WIB

5 Cara Budidaya Paprika Supaya Tunai Untung

Senin, 26 Oktober 2020 | 07:34 WIB

Tips Cegah Covid-19 di Tempat Kerja

Senin, 29 Juni 2020 | 09:35 WIB

Bocoran 6 Fitur Baru WhatsApp yang Sedang Diuji

Jumat, 12 Juni 2020 | 19:23 WIB

5 Manfaat Telur Makanan Favorit si Kecil

Rabu, 10 Juni 2020 | 13:04 WIB

Tips Membersihkan Alat Makeup di Masa Pandemi

Rabu, 10 Juni 2020 | 11:04 WIB

Cara Pakai Face Wash yang Tepat

Rabu, 10 Juni 2020 | 09:04 WIB

3 Makanan untuk Kulit Cantik, Nomor 1 Coklat

Selasa, 9 Juni 2020 | 09:30 WIB
X