• Minggu, 24 Oktober 2021

Air Terjun Gunung Janggot, Wisata Sambil Ziarah ke Makam Wali

- Jumat, 8 September 2017 | 16:06 WIB
Air Terjun Gunung Janggot.*
Air Terjun Gunung Janggot.*

[NEWSmedia] - Pulau Lombok menjadi salah satu pulau di Indonesia yang kini mulai ramai dikunjungi para wisatawan mancanegara. Keindahan dan pesona yang ditawarkan pantai-pantai serta pulau-pulaunya tidak kalah saing dengan Bali si Pulau Dewata yang telah lama membuai para pengunjungnya, hingga Indonesia kalah tenar dengan pulau yang juga kental dengan budayanya tersebut. Namun, Lombok hadir dengan pesona gili-gili terindah yang dimilikinya.

Akan tetapi, Lombok tidak hanya sekadar pantai atau gili saja. Pulau yang memiliki luas sekira 5435 kilometer persegi ini masih memiliki potensi alam yang lain dan bisa jadi pariwisata yang menakjubkan.

Adalah Air Terjun Gunung Janggot, berbeda dari air terjun yang lain, di sini para wisatawan tidak hanya dapat menikmati alam, tapi juga bisa berziarah ke makam para wali yang berasal dari Mekkah.

Makam-makam para wali tersebut berada di atas air terjun. Sensasi berziarah akan terasa berbeda di Air Terjun Gunung Janggot. Sambil berdoa, suara hempasan air terjun pun ikut menenangkan hati para peziarah yang khusyuk berdoa. Para wali yang beristirahat di makam yang ada di atas air terjun, dulunya merupakan seorang wali yang berasal dari Mekkah, kemudian berdakwah di Lombok.   

Setelah selesai berziarah dan berdoa, para wisatawan langsung dapat mandi di air terjun. Namun, sebelumnya harus menuruni anak tangga terlebih dahulu yang terbuat dari kayu permanen. Dengan menuruni anak tangga, para wisatawan dapat sampai di bawah kolam air terjun tersebut.

-

Air Terjun Gunung Janggot berada berdekatan dengan Air Terjun Benang Stokel, namun dari papan nama yang terpampang di sebelah kanan ngarai, para wisatawan harus belok kanan, barulah tiba di Air Terjun Gunung Janggot.

Ada tiga buah pancuran yang dimiliki Air Terjun Gunung Janggot. Satu buah pancuran berdebit air kecil, satunya lagi berdebit air cukup besar dan yang terakhir tidak terlalu tinggi, namun memiliki pancuran yang paling deras dibandingkan dengan pancuran-pancuran air terjun lainnya.

Alam sekitar air terjun yang berada di Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat  tersebut masih sangat alami dan asri. Tebing yang berada di sisi kanan dan kiri air terjun seakan membuat sebuah ruangan tanpa atap, pepohonan yang masih tumbuh dengan lebat membuat udara semakin segar dan tentu bebas dari polusi. [okz]

Halaman:

Editor: Muhammad Adi

Tags

Terkini

5 Ide Menu Sarapan yang Bisa Dibuat dengan Air Fryer

Senin, 11 Januari 2021 | 07:16 WIB

Menguak Fakta di Balik Mitos soal Menstruasi

Sabtu, 19 Desember 2020 | 06:19 WIB

5 Cara Budidaya Paprika Supaya Tunai Untung

Senin, 26 Oktober 2020 | 07:34 WIB

Tips Cegah Covid-19 di Tempat Kerja

Senin, 29 Juni 2020 | 09:35 WIB

Bocoran 6 Fitur Baru WhatsApp yang Sedang Diuji

Jumat, 12 Juni 2020 | 19:23 WIB

5 Manfaat Telur Makanan Favorit si Kecil

Rabu, 10 Juni 2020 | 13:04 WIB

Tips Membersihkan Alat Makeup di Masa Pandemi

Rabu, 10 Juni 2020 | 11:04 WIB

Cara Pakai Face Wash yang Tepat

Rabu, 10 Juni 2020 | 09:04 WIB

3 Makanan untuk Kulit Cantik, Nomor 1 Coklat

Selasa, 9 Juni 2020 | 09:30 WIB
X