• Selasa, 28 September 2021

Siapakah Orang yang Paling Rentan Menderita Insomnia?

- Senin, 2 Oktober 2017 | 09:30 WIB
Foto ilustrasi.*
Foto ilustrasi.*

[NEWSmedia] -  Jam berapa kamu akan mulai tidur malam? Waktu terbaik untuk memulai tidur adalah jam 9 sampai jam 10 malam. Lebih dari itu sering dikatakan sangat kurang baik buat kesehatan. Namun, karena beberapa hal kita tidak jarang akan tidur di atas jam 10 malam. Beberapa dari kita bahkan akan kesulitan tidur hingga menjelang subuh. 

Kondisi di mana susah tidur disebut sebagai insomnia. Dikutip dari laman thehealthsite.com, insomnia bisa menyerang siapa saja, kapan saja dan di mana saja. Yang membuatnya lebih buruk lagi, insomnia sering menyerang orang tertentu. Dan karena insomnia ini, risiko berbagai masalah kesehatan di tubuh semakin besar. 

Berikut adalah beberapa orang yang sangat berisiko mengalami insomnia juga risiko menderita masalah kesehatan ringan hingga berat. 

Wanita. Dibandingkan dengan pria, wanita adalah tipe pribadi yang lebih rentan terserang masalah insomnia. Ini mengingat bahwa wanita adalah pribadi yang cenderung banyak berpikir, mudah stres dan cemas jika dibanding pria. Perubahan hormon dalam tubuh wanita juga menjadi pemicu kenapa ia lebih mudah menderita insomnia

Pribadi yang Stres, Depresi & Diselimuti Kecemasan. Stres, depresi dan perasaan cemas adalah pemicu utama dari masalah insomnia. Tak hanya insomnia, ini juga sering kali meningkatkan berbagai risiko masalah kesehatan lain seperti jantung, tekanan darah tinggi, stroke hingga diabetes. Agar kualitas tidur senantiasa mengesankan, penting untuk selalu tenang dan berpikir positif ketika akan tidur. 

Lansia. Para ahli mengungkapkan bahwa lansia berisiko mengalami insomnia 60% lebih besar dari orang-orang yang masih muda. 

Pecandu Alkohol & Obat Terlarang. Mereka yang konsumsi minuman beralkohol, mengonsumsi obat terlarang dan makanan tak sehat lainnya dipercaya sangat berisiko mengalami insomnia. Mereka juga akan sangat berisiko mengalami masalah kesehatan mental.

Orang dengan Pola Makan & Pola Hidup Tak Sehat. Jika tak ingin menderita insomnia? Pastikan untuk memiliki pola makan dan pola hidup yang sehat. Karena pola makan dan hidup yang tak sehat meningkatkan risiko insomnia. Mereka yang memiliki waktu tidur berubah-ubah juga rentan menderita insomnia. Untuk pekerja yang kerap lembur hingga malam tak terkecuali sebagai orang yang rentan menderita insomnia

Itulah beberapa orang yang paling rentan menderita insomnia. Semoga informasi ini bermanfaat. [vml]

Halaman:

Editor: Muhammad Adi

Tags

Terkini

5 Ide Menu Sarapan yang Bisa Dibuat dengan Air Fryer

Senin, 11 Januari 2021 | 07:16 WIB

Menguak Fakta di Balik Mitos soal Menstruasi

Sabtu, 19 Desember 2020 | 06:19 WIB

5 Cara Budidaya Paprika Supaya Tunai Untung

Senin, 26 Oktober 2020 | 07:34 WIB

Tips Cegah Covid-19 di Tempat Kerja

Senin, 29 Juni 2020 | 09:35 WIB

Bocoran 6 Fitur Baru WhatsApp yang Sedang Diuji

Jumat, 12 Juni 2020 | 19:23 WIB

5 Manfaat Telur Makanan Favorit si Kecil

Rabu, 10 Juni 2020 | 13:04 WIB

Tips Membersihkan Alat Makeup di Masa Pandemi

Rabu, 10 Juni 2020 | 11:04 WIB

Cara Pakai Face Wash yang Tepat

Rabu, 10 Juni 2020 | 09:04 WIB

3 Makanan untuk Kulit Cantik, Nomor 1 Coklat

Selasa, 9 Juni 2020 | 09:30 WIB
X