• Selasa, 28 September 2021

Kurang Tidur Bisa Memicu 5 Penyakit Berbahaya Ini

- Jumat, 13 Oktober 2017 | 09:39 WIB
Foto ilustrasi.*
Foto ilustrasi.*

[NEWSmedia] - Semakin dewasa, kadang semakin sulit untuk mengatur jadwal istirahat. Kesibukan dan aktivitas yang padat membuat kita susah untuk tidur dengan teratur. Malah yang sering terjadi, kita seringkali kurang tidur yang cukup.

Padahal kurang tidur itu bisa memicu munculnya sejumlah penyakit berbahaya. Bukan sekadar badan yang capek dan letih sepanjang hari, dalam jangka panjang kamu berisiko mengalami penyakit-penyakit ini.

Alzheimer
Dilansir dari jhsph.edu, para peneliti menyebutkan keterkaitan antara kurang tidur dengan penyakit Alzheimer. Bahkan penyakit Alzheimer bisa makin parah bila kurang tidur terus jadi kebiasaan.

Obesitas
Yup, kurang tidur bisa memicu obesitas. Dikutip dari healthysleep.med.harvard.edu, banyak penelitian yang menyebutkan kurang tidur bisa menyebabkan berat badan naik. Karena saat tidur, tubuh akan mengeluarkan hormon yang membantu mengontrol nafsu makan, menjaga metabolisme dan memproses glukosa. Kalau tubuh kurang tidur, keseimbangan hormon juga bisa terganggu. Seperti gangguan hormon leptin yang berfungsi untuk memberitahu otak bahwa tubuh sudah mendapat cukup makan. Kalau tubuh kurang tidur, kita akan terus merasa lapar meski sudah makan banyak. Dampaknya asupan kalori melebihi batas normal dan membuat berat badan meningkat.

Diabetes
Diabetes tipe 2 bisa dipicu oleh kurang tidur karena terganggunya pemrosesan glukosa di dalam tubuh. Sebuah penelitian yang dikutip dari healthysleep.med.harvard.edu meneliti sekelompok pasien sehat yang mengurangi jam tidurnya dari 8 jam atau lebih menjadi 4 jam per malam, hasilnya pemrosesan glukosa dalam tubuh lebih lambat dibandingkan bila mereka tidur 12 jam. 

Penyakit Jantung
Kurang tidur bisa menyebabkan tekanan darah meningkat setiap kali bangun tidur. Naiknya tekanan darah yang disebut hipertensi ini kalau dibiarkan terus menerus bisa menyebabkan penyakit kardiovaskular. Risiko terkena penyakit jantung pun meningkat.

Gangguan Kesehatan Mental
Depresi dan gangguan mental bisa muncul akibat kurang tidur. dalam sebuah penelitian, subjek yang tidur 4,5 jam per malam merasa gampang stres, sedih, marah, dan capek secara mental. Mereka juga tampak kurang semangat. Masalah dan gangguan tersebut baru bisa hilang saat mereka bisa mendapat tidur yang cukup setiap malamnya.

Jadi penting banget nih ladies untuk mendapat tidur yang cukup setiap harinya. Sesuaikan dengan kondisi dan kebutuhanmu juga, ya. Akan lebih baik pula bila diimbangi dengan menjaga pola makan sehat serta olahraga yang teratur. [hlt]

Editor: Muhammad Adi

Tags

Terkini

5 Ide Menu Sarapan yang Bisa Dibuat dengan Air Fryer

Senin, 11 Januari 2021 | 07:16 WIB

Menguak Fakta di Balik Mitos soal Menstruasi

Sabtu, 19 Desember 2020 | 06:19 WIB

5 Cara Budidaya Paprika Supaya Tunai Untung

Senin, 26 Oktober 2020 | 07:34 WIB

Tips Cegah Covid-19 di Tempat Kerja

Senin, 29 Juni 2020 | 09:35 WIB

Bocoran 6 Fitur Baru WhatsApp yang Sedang Diuji

Jumat, 12 Juni 2020 | 19:23 WIB

5 Manfaat Telur Makanan Favorit si Kecil

Rabu, 10 Juni 2020 | 13:04 WIB

Tips Membersihkan Alat Makeup di Masa Pandemi

Rabu, 10 Juni 2020 | 11:04 WIB

Cara Pakai Face Wash yang Tepat

Rabu, 10 Juni 2020 | 09:04 WIB

3 Makanan untuk Kulit Cantik, Nomor 1 Coklat

Selasa, 9 Juni 2020 | 09:30 WIB
X