• Minggu, 19 September 2021

11 Cara Menaikkan Trombosit Secara Alami Tanpa Obat-obatan

- Minggu, 12 November 2017 | 06:32 WIB
Foto ilustrasi
Foto ilustrasi

[NEWSmedia] - Trombosit merupakan sel kecil atau keping sel yang mengalir di tubuh Anda melalui aliran darah. Trombosit memiliki fungsi penting karena dapat membantu menghentikan pendarahan jika terjadi luka kecil atau bagian tubuh yang menganga. Cara kerja trombosit adalah dengan menutupi pembuluh darah yang rusak dengan membentuk benang-benang fibrin yang akan menutup kerusakan tersebut. Trombosit manusia berukuran kecil dan berbentuk bulat. Pembuatan trombosit bertempat di sumsum tulang.

Struktur aktif dari trombosit muda pecah apabila sudah berada di luar pembuluh darah atau terkena benda keras. Pada beberapa kasus, ada orang yang mengalami penurunan trombosit atau kekurangan trombosit. Akibat dari kekurangan trombosit antara lain adalah mengalami penyakit tifus, memar, pendarahan di lambung, pendarahan di hidung dan gusi, demam berdarah, anemia aplastik, leukimia, mielofibrosis, dan terutama pendarahan akan sulit berhenti.

Beberapa orang mungkin lamban menyadari kalau dirinya ternyata mengalami penurun trombosit atau kekurangan trombosit. Ciri yang paling mudah terlihat adalah ketika Anda terluka kecil maupun besar, apakah darah yang keluar baru berhenti dalam waktu yang lama? Maka tak lain Anda sedang kekurangan trombosit. Yang paling umum ketika mengalami kekurangan trombosit adalah terkena penyakit tipes maupun demam berdarah.

Bagi Anda yang ternyata terindikasi kekurangan trombosit, ternyata alam sudah menyediakan beberapa bahan alami yang dapat digunakan sebagai cara menaikkan trombosit.
Cara menaikkan trombosit

1. Jambu biji

Sudah merupakan rahasia umum jika jambu biji digunakan sebagai cara menaikkan trombosit. Ketika ada kerabat yang sedang sakit demam berdarah otomatis kita akan membawa jambu biji ketika menjenguk mereka. Buah jambu kaya akan vitamin C. Untuk meningkatkan trombosit Anda bisa mengkonsumsi jambu biji dengan cara langsung dimakan atau dijus.

2. Bayam

Bayam kaya akan vitamin K yang memang dibutuhkan oleh tubuh untuk menghentikan pendarahan. Car meningkatkan trombosit dengan daun bayam adalah dengan merebus 5 daun bayam dengan 2 gelas air. Rebus hingga air menguap dan tinggal 1 gelas. Minum airnya. Lakukan setiap hari.

3. Biji-bijian

Halaman:

Editor: Mulyadi

Tags

Terkini

5 Ide Menu Sarapan yang Bisa Dibuat dengan Air Fryer

Senin, 11 Januari 2021 | 07:16 WIB

Menguak Fakta di Balik Mitos soal Menstruasi

Sabtu, 19 Desember 2020 | 06:19 WIB

5 Cara Budidaya Paprika Supaya Tunai Untung

Senin, 26 Oktober 2020 | 07:34 WIB

Tips Cegah Covid-19 di Tempat Kerja

Senin, 29 Juni 2020 | 09:35 WIB

Bocoran 6 Fitur Baru WhatsApp yang Sedang Diuji

Jumat, 12 Juni 2020 | 19:23 WIB

5 Manfaat Telur Makanan Favorit si Kecil

Rabu, 10 Juni 2020 | 13:04 WIB

Tips Membersihkan Alat Makeup di Masa Pandemi

Rabu, 10 Juni 2020 | 11:04 WIB

Cara Pakai Face Wash yang Tepat

Rabu, 10 Juni 2020 | 09:04 WIB

3 Makanan untuk Kulit Cantik, Nomor 1 Coklat

Selasa, 9 Juni 2020 | 09:30 WIB
X