• Minggu, 26 September 2021

6 Manfaat Lain Kacang Tanah Buat Kesehatan Tubuh

- Kamis, 16 November 2017 | 09:36 WIB
Foto ilustrasi.*
Foto ilustrasi.*

[NEWSmedia] - Kacang tanah merupakan salah satu sumber nutrisi yang tak hanya memiliki rasa gurih dan nikmat saja. Lebih jauh, kacang tanah juga merupakan sumber nutrisi yang kaya manfaat buat kesehatan tubuh. Kandungan protein juga lemak sehat di dalam kacang tanah dipercaya sangat baik dalam meningkatkan daya tahan tubuh. 

Dilansir dari laman boldsky.com, kacang tanah yang dikonsumsi secara rutin dalam porsi tepat, bisa sangat bermanfaat sehat buat tubuh. Manfaat sehat tersebut antara lain adalah sebagai berikut. 

Menstabilkan Kolesterol Tubuh
Kacang tangan mengandung mono asam lemak tidak jenuh yang bermanfaat menjaga kestabilan kolesterol. Ini juga bermanfaat mencegah risiko jantung atau penyakit mematikan lainnya. 

Mengurangi Gula Darah
Bagi kita yang mengalami kenaikan gula darah atau bermasalah dengan gula darah, kacang tanah bisa dimanfaatkan sebagai asupan nutrisi untuk mengurangi kadar gula darah dalam tubuh. Peneliti percaya jika kacang tanah bermanfaat menurunkan gula darah karena mengandung mangan yang bisa menyerap kelebihan kalsium maupun glukosa. 

Mencegah Penunaan Dini
Tak ingin terlihat lebih cepat tua, keriput dan kusam? Konsumsi kacang tanah secara rutin setiap hari. Kandungan vitamin E pada kacang tanah dikatakan sangat baik membantu mencegah risiko penuaan dini, keriput pada kulit dan kusam. Vitamin B pada kacang tanah bahkan dipercaya membuat kulit lebih bersinar dan awet muda. 

Mengatasi Stres atau Depresi
Sebagai salah satu makanan yang mengandung trytophan, kacang tanah dipercaya baik untuk mencegah serta mengatasi stres hingga depresi. Makanan gurih ini juga bermanfaat membuat perasaan lebih bahagia, nyaman dan tenang. 

Mencegah Kanker
Saat ini, kanker masih menjadi salah satu penyakit paling ditakuti. Untuk mencegah risiko kanker, pola hidup sehat, olahraga dan istirahat cukup sangat penting dilakukan. Ditambah, konsumsi pula kacang tanah karena makanan ini mengandung asam p-coumaric yang baik dalam membantu mencegah risiko kanker dan membunuh sel kanker. 

Mengurangi Risiko Batu Empedu
Study menyebutkan jika nutrisi yang terkandung di dalam kacang tanah baik dalam menurunkan risiko batu empedu. Makanan ini juga bermanfaat mencegah risiko berbagai infeksi pada kantung empedu, hati maupun organ dalam tubuh lainnya. [vml]

Editor: Muhammad Adi

Tags

Terkini

5 Ide Menu Sarapan yang Bisa Dibuat dengan Air Fryer

Senin, 11 Januari 2021 | 07:16 WIB

Menguak Fakta di Balik Mitos soal Menstruasi

Sabtu, 19 Desember 2020 | 06:19 WIB

5 Cara Budidaya Paprika Supaya Tunai Untung

Senin, 26 Oktober 2020 | 07:34 WIB

Tips Cegah Covid-19 di Tempat Kerja

Senin, 29 Juni 2020 | 09:35 WIB

Bocoran 6 Fitur Baru WhatsApp yang Sedang Diuji

Jumat, 12 Juni 2020 | 19:23 WIB

5 Manfaat Telur Makanan Favorit si Kecil

Rabu, 10 Juni 2020 | 13:04 WIB

Tips Membersihkan Alat Makeup di Masa Pandemi

Rabu, 10 Juni 2020 | 11:04 WIB

Cara Pakai Face Wash yang Tepat

Rabu, 10 Juni 2020 | 09:04 WIB

3 Makanan untuk Kulit Cantik, Nomor 1 Coklat

Selasa, 9 Juni 2020 | 09:30 WIB
X