• Senin, 3 Oktober 2022

Ingin Traveling Berjalan Maksimal dan Memuaskan Lakukan 3 Hal Ini

- Selasa, 28 November 2017 | 17:00 WIB
Foto ilustrasi.*
Foto ilustrasi.*

[NEWSmedia] - Hidup di kota, apalagi kota besar, memang memiliki tantangan tersendiri. Berbagai tekanan yang terjadi di kantor bahkan jalan tak jarang membuat kita menjadi stres. Tempat-tempat hiburan yang ada di dalam kota pun terkadang terasa membosankan. Tak keliru bila Anda ingin menghabiskan waktu untuk ke luar sejenak dari rutinitas sehari-hari. Traveling adalah salah satu opsi yang menyenangkan.

Akan tetapi, angan-angan indah untuk menikmati jalan-jalan ke luar kota atau ke luar negeri bisa berubah 180 derajat menjadi tak menyenangkan oleh karena berbagai hal. Contohnya adalah anggaran yang kurang, destinasi liburan tutup, cuaca tak bagus, dan lain sebagainya. Melansir halaman Travel & Leisure, berikut ini adalah 3 hal penting yang perlu Anda cermati agar traveling jadi memuaskan.  

Rencana perjalanan

Ini merupakan satu elemen vital untuk bisa memaksimalkan pengalaman traveling Anda. Rencanakan kapan Anda ingin jalan-jalan, ke mana, dan bersama siapa. Mencari waktu yang lowong dan menentukan destinasi tidaklah sesepele yang Anda bayangkan. Terlebih bila melibatkan banyak kepala. Upayakan rencana Anda cukup konkret atau tidak general. Lihat kalender dan manfaatkan tanggal merah. Gabungan cuti dan tanggal merah (apa lagi yang berdempetan dengan Sabtu/Minggu) bisa membuat masa traveling Anda bisa lebih panjang. Ini juga akan berpengaruh pada harga tiket pesawat. Umumnya jika dipesan sejak jauh hari, harga tiket masih murah.

Hal lain yang juga berhubungan dengan anggaran adalah destinasi, akomodasi, serta makan. Akan lebih baik bila Anda bisa membuat rencana secara detail. Pastikan kamar hotel tersedia, cari tahu jam operasional tujuan wisata, transportasi apa yang dibutuhkan selama traveling, serta bagaimana Anda akan makan selama di sana. Namun jika Anda tergolong sebagai traveller yang suka spontanitas, sah saja untuk tidak membuat rencana asalkan sadar akan segala risiko dan konsekuensinya.

Anggaran

Persoalan Anggaran biasanya secara alamiah akan termasuk dalam proses pembuatan perencanaan atau bahkan saat baru berniat traveling. Anda tentu sudah punya gambaran kasar mengenai seberapa banyak anggaran jalan-jalan yang bisa terkumpul dalam satu periode tertentu. Perkiraan ini secara otomatis akan menyaring pilihan-pilihan yang ada dalam anggaran Anda dalam harga tertentu.

Melalui perencanaan dan riset yang matang, Anda bisa memaksimalkan kombinasi pilihan-pilhan yang ada. Giatlah untuk mencari promo dan berkomitmenlah dalam menabung. Tips lainnya adalah masukkan perihal biaya tak terduga dalam anggaran agar kondisi kantong Anda bisa lebih “bernafas” dan pikiran Anda pun tak seperti dihantui kekhawatiran anggaran yang terlalu ketat.

Pengalaman

Halaman:

Editor: Muhammad Adi

Tags

Terkini

5 Ide Menu Sarapan yang Bisa Dibuat dengan Air Fryer

Senin, 11 Januari 2021 | 07:16 WIB

Menguak Fakta di Balik Mitos soal Menstruasi

Sabtu, 19 Desember 2020 | 06:19 WIB

5 Cara Budidaya Paprika Supaya Tunai Untung

Senin, 26 Oktober 2020 | 07:34 WIB

Tips Cegah Covid-19 di Tempat Kerja

Senin, 29 Juni 2020 | 09:35 WIB

Bocoran 6 Fitur Baru WhatsApp yang Sedang Diuji

Jumat, 12 Juni 2020 | 19:23 WIB

5 Manfaat Telur Makanan Favorit si Kecil

Rabu, 10 Juni 2020 | 13:04 WIB

Tips Membersihkan Alat Makeup di Masa Pandemi

Rabu, 10 Juni 2020 | 11:04 WIB

Cara Pakai Face Wash yang Tepat

Rabu, 10 Juni 2020 | 09:04 WIB