• Jumat, 17 September 2021

Cara Sederhana Agar tak Mudah Sakit

- Sabtu, 6 Januari 2018 | 01:03 WIB
Foto ilustrasi
Foto ilustrasi

[NEWSmedia] - Tahun baru sudah semestinya diisi dengan hal-hal positif yang membuat hidup Anda lebih sehat secara fisik maupun mental. Berikut sejumlah cara sederhana yang disarankan para pakar agar Anda sakit">tidak mudah sakit.

Jangan takut kotor
Rutin mencuci tangan memang sebuah keharusan, tetapi bukan berarti Anda harus fobia terhadap segala hal yang tidak bersih. Tidak takut berkotor-kotor akan mengoptimalkan imunitas karena paparan terhadap semua jenis bakteri turut membangun sistem kekebalan tubuh yang seimbang dan kuat.

Minum cukup air
Tubuh akan berfungsi secara optimal jika terhidrasi dengan baik. Renee Miranda, dokter pengobatan keluarga di Ohio State University Wexner Medical Center menyarankan masing-masing orang rutin minum air putih sebanyak setengah dari berat badannya dalam ukuran pon setiap hari.

Tidak menyepelekan tidur
Menyepelekan tidur malam dengan terlalu sering begadang akan memberikan dampak buruk terhadap sistem kekebalan tubuh sehingga Anda mudah sakit. Padahal, tidur adalah momen penting ketika tubuh mendapat kesempatan memulihkan kesehatan, juga memperbaiki dan meremajakan sel-selnya.

Membersihkan ponsel
Bersihkan layar telepon genggam sesering mungkin karena permukaannya lebih kotor dari yang terlihat mata telanjang. Hal lain yang juga perlu dijaga higienitasnya antara lain kunci rumah, papan ketik komputer, kenop pintu, keran, tombol penyiram toilet, saklar lampu, sampai remote TV.

Aktivitas luar ruang
Pekerjaan kantoran mungkin membuat Anda duduk di depan layar selama berjam-jam. Seimbangkan kebiasaan statis itu dengan menghabiskan waktu secara berkala di luar ruang, seperti pergi ke taman, berjalan kaki ke kantin, atau sekadar cari angin dan terpapar matahari.

Habiskan waktu dengan teman
Tawa adalah obat terbaik bagi tubuh, jadi habiskan banyak waktu untuk bersenang-senang dengan sahabat dekat. Tubuh manusia selalu beradaptasi dengan apa yang ada di lingkungan sekelilingnya, sehingga Anda perlu mengekspos sebanyak mungkin tawa dan kebahagiaan dalam hidup.

Berpikir positif
Banyak studi telah menunjukkan bahwa optimisme dapat berdampak positif bagi tubuh, seperti meningkatkan sistem kekebalan, melawan penyakit, dan memperpanjang harapan hidup. Bagaimanapun, pikiran dan tubuh saling memengaruhi satu sama lain sehingga berpikir positif tentu membawa perubahan yang sehat. [rpk]

Editor: Mulyadi

Tags

Terkini

5 Ide Menu Sarapan yang Bisa Dibuat dengan Air Fryer

Senin, 11 Januari 2021 | 07:16 WIB

Menguak Fakta di Balik Mitos soal Menstruasi

Sabtu, 19 Desember 2020 | 06:19 WIB

5 Cara Budidaya Paprika Supaya Tunai Untung

Senin, 26 Oktober 2020 | 07:34 WIB

Tips Cegah Covid-19 di Tempat Kerja

Senin, 29 Juni 2020 | 09:35 WIB

Bocoran 6 Fitur Baru WhatsApp yang Sedang Diuji

Jumat, 12 Juni 2020 | 19:23 WIB

5 Manfaat Telur Makanan Favorit si Kecil

Rabu, 10 Juni 2020 | 13:04 WIB

Tips Membersihkan Alat Makeup di Masa Pandemi

Rabu, 10 Juni 2020 | 11:04 WIB

Cara Pakai Face Wash yang Tepat

Rabu, 10 Juni 2020 | 09:04 WIB

3 Makanan untuk Kulit Cantik, Nomor 1 Coklat

Selasa, 9 Juni 2020 | 09:30 WIB
X