• Jumat, 24 September 2021

Batu Ginjal Kini Bisa Hancur Tanpa Operasi, Pelajari Metode Ini

- Jumat, 2 Februari 2018 | 06:31 WIB
Foto ilustrasi
Foto ilustrasi

[NEWSmedia] - Anda tentu sudah tidak asing mendengar penyakit batu ginjal. Meskipun posisi batu tak melulu di ginjal, lalu kenapa batu tersebut bisa berada di dalam tubuh? Apa iya itu bisa terjadi saat seseorang tanpa sengaja menelan batu?

Tentu saja, bukan. Kalaupun seandainya tanpa sengaja Anda menelan batu, pasti larinya menuju saluran pembuangan belakang dan akan keluar bersamaan dengan feses. Lalu kenapa bisa proses pembentukan batu ginjal yang disebut dengan urolitiasis?

Seseorang yang berusia di atas 30 tahun berisiko mengalami urolitiasis. Penyakit ini bisa disebabkan karena adanya infeksi bakteri, kurang minum, sering makan makanan yang mengandung kadar oksalat, natrium, kalsium  yang tinggi. Serta makanan yang mengandung protein hewani dengan kadar purin tinggi.

Selain itu, faktor fisik seperti orang yang melakukan pekerjaan berat, kemudian berada di tempat yang memiliki suhu tinggi dalam waktu yang lama, merupakan faktor risiko terjadinya pembentukan batu ginjal.

Gejala yang dirasakan bergantung pada letaknya. Secara umum, rasa sakit akan terasa mulai pinggang bawah menuju ke pinggul, kemudian ke alat kelamin luar. Sakit yang teramat parah apabila batu pindah ke ureter (saluran kemih).

Jika batu berada di kandung kemih akan terasa nyeri di perut bagian bawah. Penderita akan sering kencing kadang disertai darah dan nanah serta demam atau menggigil. Terkadang juga disertai mual dan muntah.

“Segera periksakan ke dokter spesialis urologi untuk mengetahui kondisi yang pasti, dengan begitu penanganan yang tepat akan segera dilakukan,” kata dr Budi Suwarno SpU, kepala staf medis bedah Urologi RSD dr Soebandi Jember.

Batu ginjal bisa dikeluarkan dengan mudah

Apabila ukuran batu kecil dan memungkinkan untuk keluar secara alami, dokter biasanya menyarankan untuk minum air putih dengan takaran yang ditentukan. Namun, apabila ukuran batu cukup besar dan menutup saluran kemih maka perlu penanganan khusus, yaitu dengan operasi.

Halaman:

Editor: Mulyadi

Tags

Terkini

5 Ide Menu Sarapan yang Bisa Dibuat dengan Air Fryer

Senin, 11 Januari 2021 | 07:16 WIB

Menguak Fakta di Balik Mitos soal Menstruasi

Sabtu, 19 Desember 2020 | 06:19 WIB

5 Cara Budidaya Paprika Supaya Tunai Untung

Senin, 26 Oktober 2020 | 07:34 WIB

Tips Cegah Covid-19 di Tempat Kerja

Senin, 29 Juni 2020 | 09:35 WIB

Bocoran 6 Fitur Baru WhatsApp yang Sedang Diuji

Jumat, 12 Juni 2020 | 19:23 WIB

5 Manfaat Telur Makanan Favorit si Kecil

Rabu, 10 Juni 2020 | 13:04 WIB

Tips Membersihkan Alat Makeup di Masa Pandemi

Rabu, 10 Juni 2020 | 11:04 WIB

Cara Pakai Face Wash yang Tepat

Rabu, 10 Juni 2020 | 09:04 WIB

3 Makanan untuk Kulit Cantik, Nomor 1 Coklat

Selasa, 9 Juni 2020 | 09:30 WIB
X