• Minggu, 19 September 2021

Mudah Lelah Saat Haid? Ini 5 Tips Mengatasinya

- Minggu, 4 Februari 2018 | 06:31 WIB
Foto ilustrasi
Foto ilustrasi

[NEWSmedia] - Menjelang atau saat haid, kebanyakan wanita mengalami PMS (premenstrual syndrome). PMS dapat menimbulkan gejala kram perut atau sakit kepala yang tak tertahankan. Apalagi jika Anda juga merasa mudah lelah, ini tentunya akan menganggu aktivitas Anda. Ada beberapa cara untuk mengatasi lelah saat haid sehingga Anda bisa kembali beraktivitas seperti biasa. Berikut tips-tipsnya.

1. Perbaiki pola makan

Makan beberapa kali dalam satu hari dengan porsi sedikit lebih disarankan dibandingkan dengan makan hanya tiga kali sehari dengan porsi banyak. Makan lebih sering akan membuat energi Anda pada tingkat yang stabil. Sedangkan jika Anda membiarkan tubuh tidak mendapat asupan makanan dalam waktu yang lama, Anda akan semakin mudah lelah.

Atur pola makan Anda agar lebih teratur dan sehat. Tambahkan sumber protein pada makanan Anda setiap hari. Protein berfungsi untuk meningkatkan energi agar Anda merasa lebih bertenaga sepanjang hari.

Selain itu, mengonsumsi suplemen multivitamin juga bisa membantu mengatasi lelah saat haid. Karena kekurangan nutrisi akan membuat Anda merasa mudah lelah, terutama saat sedang menstruasi. Akan tetapi, konsultasikan dulu ke dokter sebelum Anda menggunakan suplemen apa pun, termasuk suplemen vitamin penambah darah.

Mengurangi konsumsi makananan olahan yang mengandung gula dan garam yang tinggi juga penting dilakukan. Di samping itu, tingkatkan asupan buah dan sayur karena ini mengandung banyak nutrisi yang dapat meningkatkan energi Anda.

2. Minum air putih

Bila Anda kekurangan cairan dalam tubuh, Anda akan mengalami dehidrasi. Hal ini membuat jantung harus bekerja lebih keras untuk menjaga oksigen dan nutrisi tetap bergerak keseluruh sistem peredaran darah. Kurangnya darah bisa menyebabkan kurangnya oksigen yang dibawa ke seluruh tubuh. Hal tersebut membuat Anda mudah lelah dan mengantuk.

Penuhi kebutuhan air Anda dalam sehari. Pada umumnya, setiap orang dianjurkan minum air putih 8 gelas sehari atau sekitar 2 liter. Takaran tersebut sudah dapat mencukupi kebutuhan air dalam tubuh. Namun, yang paling tepat adalah minum air putih setiap kali Anda merasa haus.

Halaman:

Editor: Mulyadi

Tags

Terkini

5 Ide Menu Sarapan yang Bisa Dibuat dengan Air Fryer

Senin, 11 Januari 2021 | 07:16 WIB

Menguak Fakta di Balik Mitos soal Menstruasi

Sabtu, 19 Desember 2020 | 06:19 WIB

5 Cara Budidaya Paprika Supaya Tunai Untung

Senin, 26 Oktober 2020 | 07:34 WIB

Tips Cegah Covid-19 di Tempat Kerja

Senin, 29 Juni 2020 | 09:35 WIB

Bocoran 6 Fitur Baru WhatsApp yang Sedang Diuji

Jumat, 12 Juni 2020 | 19:23 WIB

5 Manfaat Telur Makanan Favorit si Kecil

Rabu, 10 Juni 2020 | 13:04 WIB

Tips Membersihkan Alat Makeup di Masa Pandemi

Rabu, 10 Juni 2020 | 11:04 WIB

Cara Pakai Face Wash yang Tepat

Rabu, 10 Juni 2020 | 09:04 WIB

3 Makanan untuk Kulit Cantik, Nomor 1 Coklat

Selasa, 9 Juni 2020 | 09:30 WIB
X