• Rabu, 8 Desember 2021

Bahaya Minum Kopi Bagi Penderita Maag

- Kamis, 29 Maret 2018 | 00:03 WIB
Kopi.*
Kopi.*

[NEWSmedia] - Bagi orang yang memiliki maag, selalu dianjurkan untuk tidak mengonsumsi minuman berkafein. Salah satu minuman berkafein yang cukup keras dilarang adalah minum kopi. Pada dasarnya, kopi bisa membuat maag Anda kambuh. Tapi, apa benar orang yang memiliki maag tidak boleh minum kopi sama sekali?

Minum kopi bisa menyebabkan maag kambuh

Kafein yang terdapat dalam kandungan kopi dapat meningkatkan produksi asam dan peradangan pada lambung. Selain itu, kafein dapat membuat cincin otot kerongkongan rileks pada bagian bawah, sehingga asam lambung dapat naik sampai ke kerongkongan, seperti pada penderita refluks asam lambung (GERD) yang juga dikenal dengan maag.

Kopi, bahkan kopi dekafein (yang kandungan kafeinnya rendah) sekalipun, telah terbukti untuk merangsang produksi asam. Oleh karena itu, minum kopi terlebih saat perut kosong meningkatkan keasaman perut, yang kemudian akan menyebabkan mulas dan gangguan pencernaan sepanjang hari.

Ini karena asam dari lambung bisa naik sampai ke kerongkongan. Akibatnya, dada atau tenggorokan Anda bisa terasa panas dan terbakar. Kondisi ini dinamakan heartburn.

Pilih kopi tertentu dan konsumsi jangan lebih dari 1 cangkir perhari

Menurut MedlinePlus, kebanyakan orang yang sehat saja, umumnya bisa mengonsumsi hingga 200 miligram kafein setara dengan satu sampai dua cangkir setiap hari, tanpa efek samping tertentu. Tapi bahkan, beberapa orang sehat yang mengonsumsi dengan dosis yang lebih rendah sekalipun pun bisa menyebabkan insomnia dan sakit perut maag.

Terlebih bagi Anda yang memiliki maag, di mana kafein bisa menjadi penyebab kambuhnya maag bagi yang memilikinya. Jadi, ada baiknya Anda mengurangi asupan minum kopi dari takaran paling banyak secangkir kecil dalam satu hari. Jika lebih dari takaran itu, dikhawatirkan asam lambung akan naik dan maag Anda pun kambuh.

Nah, Anda bisa pilih juga kopi yang mengandung kafein sedikit. Menurut University of Utah, kopi yang diseduh umumnya mengandung 135 miligram kafein. Sedangkan jika Anda membeli di warung atau kedai kopi, hal itu setara dengan 8 ons per sajian, dan masih terhitung dalam ukuran atau size kecil.

Halaman:

Editor: Mulyadi

Tags

Terkini

5 Ide Menu Sarapan yang Bisa Dibuat dengan Air Fryer

Senin, 11 Januari 2021 | 07:16 WIB

Menguak Fakta di Balik Mitos soal Menstruasi

Sabtu, 19 Desember 2020 | 06:19 WIB

5 Cara Budidaya Paprika Supaya Tunai Untung

Senin, 26 Oktober 2020 | 07:34 WIB

Tips Cegah Covid-19 di Tempat Kerja

Senin, 29 Juni 2020 | 09:35 WIB

Bocoran 6 Fitur Baru WhatsApp yang Sedang Diuji

Jumat, 12 Juni 2020 | 19:23 WIB

5 Manfaat Telur Makanan Favorit si Kecil

Rabu, 10 Juni 2020 | 13:04 WIB

Tips Membersihkan Alat Makeup di Masa Pandemi

Rabu, 10 Juni 2020 | 11:04 WIB

Cara Pakai Face Wash yang Tepat

Rabu, 10 Juni 2020 | 09:04 WIB

3 Makanan untuk Kulit Cantik, Nomor 1 Coklat

Selasa, 9 Juni 2020 | 09:30 WIB
X