• Sabtu, 4 Desember 2021

Islampedia: Bulan Puasa Saatnya Membersihkan Batin

- Rabu, 23 Mei 2018 | 14:00 WIB
Foto ilustrasi.*
Foto ilustrasi.*

[NEWSmedia] - Bulan Ramadhan menjadi momentum bagi kaum muslimin untuk membersihkan batin agar bisa mendekatkan diri kepada Allah. Dengan mengasah batin, maka akan akan membuat diri kita jauh lebih baik dari hari-hari sebelumnya. Seperti halnya pisau, jika terus diasah maka akan semakin tajam untuk lebih dekat dengan Allah.

Salah satu cara untuk mengasah batin di Bulan Ramadhan ini adalah dengan cara memaksimalkan ibadah puasa. Karena, bulan puasa ini merupakan jihadul akbar untuk mengendalikan diri dari hawa nafsu.

"Puasa itu kan memang medannya membersihkan hati. Bagian dari jahdul akbar. Bagaimana agar manusia bisa mengontrol hawa nafsunya, sehingga hatinya menjadi bersih," ujar Ketua Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) KH Abdul Manan Ghani.

Selain berpuasa, menurut dia, banyak yang bisa dilakukan selama Ramadhan untuk membersihkan batin. Misalnya, dengan acara memperbanyak muhasabah dan refleksi. Namun, menurut dia, ada sitem tersendiri untuk membersihkan batin, yaitu takhalli, tahalli, dan tajalli.

Takhalli berarti mengosongkan jiwa dari sifat-sifat buruk seperti sombong, dengki, iri, cinta dunia, riya, dan sebagainya. Sedangkan Tahalli berarti menghiasi jiwa dengan sifat-sifat mulia, seperti kejujuran, kasih sayang, tolong menolong sabar, ikhlas, dan sebagainya.

Kiai Manan mengatakan, di bulan Ramadhan ini sudah sepatutnya umat menghiasi diri dengan amal shaleh, seperti memperbanyak ibadah, dzikir, membaca Alquran, sedekah, dan pergi ke masjid. "Itu namanya tahalli menghiasi dengan amalan-amalan sunnah, tidak hanya cukup shalat wajib saja. Sehingga tertanam kecintaan terhadap Allah dan mendekatkan diri kepada Allah," ucapnya.

Setelah menempuh takhalli dan tahalli, sampailah para pengamal tasawuf kepada maqam tajalli, yaitu terbukanya tabir yang menghalangi hamba dengan Tuhan sehingga hamba menyaksikan tanda-tanda kekuasaan-Nya.

"Kalau sudah takarrub ilallah dampaknya bisa terbuka atau namanya tajalli, akan terbuka kemahakuassaan Allah SWT," kata kiai Manan.

Menurut dia, esensi Ramadhan sendiri merupakan bulan untuk mendekatkan diri kepada Allah. Karena itu, menurut dia, di Bulan Ramadhan ini seharusnya umat bisa mengubah dirinya menjadi lebih baik lagi dan lebih bertakwa. "Ramadhan itu kan tidak hanya lewat begitu saja, tapi bagaimana dengan Ramadhan ini kaum muslimin bisa berubah menjadi lebih baik," jelasnya.

Halaman:

Editor: Muhammad Adi

Tags

Terkini

5 Ide Menu Sarapan yang Bisa Dibuat dengan Air Fryer

Senin, 11 Januari 2021 | 07:16 WIB

Menguak Fakta di Balik Mitos soal Menstruasi

Sabtu, 19 Desember 2020 | 06:19 WIB

5 Cara Budidaya Paprika Supaya Tunai Untung

Senin, 26 Oktober 2020 | 07:34 WIB

Tips Cegah Covid-19 di Tempat Kerja

Senin, 29 Juni 2020 | 09:35 WIB

Bocoran 6 Fitur Baru WhatsApp yang Sedang Diuji

Jumat, 12 Juni 2020 | 19:23 WIB

5 Manfaat Telur Makanan Favorit si Kecil

Rabu, 10 Juni 2020 | 13:04 WIB

Tips Membersihkan Alat Makeup di Masa Pandemi

Rabu, 10 Juni 2020 | 11:04 WIB

Cara Pakai Face Wash yang Tepat

Rabu, 10 Juni 2020 | 09:04 WIB

3 Makanan untuk Kulit Cantik, Nomor 1 Coklat

Selasa, 9 Juni 2020 | 09:30 WIB
X