• Selasa, 7 Desember 2021

Keutamaan yang Ditawarkan Malam Lailatul Qadar di Bulan Ramadan

- Rabu, 6 Juni 2018 | 03:02 WIB
Foto ilustrasi
Foto ilustrasi

[NEWSmedia] - Bulan Ramadan merupakan bulan yang istimewa, penuh berkah dan berlimpah keutamaan. Di bulan ini juga, malam seribu bulan yakni Malam Lailatul Qadar bisa kita jumpai. Dilansir dari berbagai sumber, malam Lailatul Qadar merupakan bulan yang penuh kemuliaan dan keberkahan. Di malam ini, para alim ulama percaya bahwa para malaikat turun ke bumi dan Allah membuka pintu pengampunan selebar-lebarnya.

Di malam ini juga, siapa yang meminta akan dikabulkan permintaannya. Siapa yang berdoa dengan sungguh-sungguh, akan diijabah doa-doanya. Dalam bahasa Arab, Lailatul Qadar diartikan sebagai malam ketetapan. Yang dimaksud dengan malam ketetapan adalah malam yang sangat penting karena Al-Quran diturunkan ke bumi.

"Sesungguhnya Kami menurunkannya (Al-Quran) pada suatu malam, dan sesungguhnya Kamilah yang memberi peringatan. Pada malam itu dijelaskan semua urusan penuh dengan hikmah, yaitu urusan yang besar di sisi Kami." (QS. Ad-Dukhan, 3-5).

Malam Lailatul Qadar adalah malam penuh keutamaan. Keutamaan-keutamaan yang ditawarkan malam ini antara lain adalah malaikat turun ke bumi dan memberi syafaat kepada orang-orang yang senantiasa menghidupkan Lailatul Qadar. Allah juga akan melapangkan rezeki bagi orang-orang yang senantiasa meminta dengan tulus dan dikehendakiNya.

"Allah melapangkan rezeki yang dikehendaki dan mempersempit (bagi yang dikehedakiNya)." (QS. Ar-Rad, 26)

Segala amalan baik di malam Lailatul Qadar akan diberikan pahala berlipat ganda. Sebagai malam yang lebih mulia dari 1000 malam atau bahkan 1000 bulan, malam ini tidak bisa disamakan dengan malam-malam lain. Imam Mujahid, Qotadah dan ulama besar lain berpendapat bahwa malam ini adalah malam yang begitu mulia dan utama.

"Lailatul Qadar itu lebih utama dari seribu bulan" (QS. Al Qadar, 3). Malam Lailatul Qadar dijelaskan sebagai malam yang penuh dengan kesejahteraan. "Malam itu (Lailatul Qadar) penuh kesejahteraan sampai terbit fajar." (QS. Al-Qadar, 5).

Orang-orang yang senantiasa beribadah dengan tulus, mendirikan salat baik salat wajib dan sunah, membaca Al-Quran, berdzikir dan melakukan kebaikan di malam ini akan mendapatkan ketenangan serta kesejahteraan. Orang-orang yang senantiasa menghidupkan malam ini juga akan dijaga oleh para malaikat yang sedang turun ke bumi.

"Di malam itu dijelaskan segala urusan yang penuh hikmah." (QS. Ad-Dukhan, 4).

Halaman:

Editor: Mulyadi

Tags

Terkini

5 Ide Menu Sarapan yang Bisa Dibuat dengan Air Fryer

Senin, 11 Januari 2021 | 07:16 WIB

Menguak Fakta di Balik Mitos soal Menstruasi

Sabtu, 19 Desember 2020 | 06:19 WIB

5 Cara Budidaya Paprika Supaya Tunai Untung

Senin, 26 Oktober 2020 | 07:34 WIB

Tips Cegah Covid-19 di Tempat Kerja

Senin, 29 Juni 2020 | 09:35 WIB

Bocoran 6 Fitur Baru WhatsApp yang Sedang Diuji

Jumat, 12 Juni 2020 | 19:23 WIB

5 Manfaat Telur Makanan Favorit si Kecil

Rabu, 10 Juni 2020 | 13:04 WIB

Tips Membersihkan Alat Makeup di Masa Pandemi

Rabu, 10 Juni 2020 | 11:04 WIB

Cara Pakai Face Wash yang Tepat

Rabu, 10 Juni 2020 | 09:04 WIB

3 Makanan untuk Kulit Cantik, Nomor 1 Coklat

Selasa, 9 Juni 2020 | 09:30 WIB
X