• Jumat, 24 September 2021

Festival Geopark Raja Ampat Memuliakan Warisan Bumi & Sejahterakan Masyarakat

- Sabtu, 28 Juli 2018 | 17:00 WIB
Festival Geopark di Papua Barat .*
Festival Geopark di Papua Barat .*

[NEWSmedia] - Pemerintah Daerah Kabupaten Raja Ampat, Papua Barat menggelar Festival Geopark yang pertama kali di Pulau Bahari, Raja Ampat, Rabu (25/7/18). Event ini berlangsung meriah juga penuh warna karena dikemas untuk meriahkan kedatangan Api Obor Asian Games 2018 di wilayah Raja Ampat.

Ketua jaringan geopark seluruh Indonesia, Budi Martono menjelaskan bahwa tujuan utama dari festival Geopark tidak lain memuliakan warisan bumi dan menyejahterakan masyarakat. Selain itu, geopark dapat memberi manfaat luar biasa bagi daerah seperti Gunung Sewu, Jateng yang dahulu terkenal miskin.

Tapi kata dia, setelah menerapkan satu konsep geopark, daerah tersebut menjadi makmur dan angka pengangguran juga turun drastis. Begitu pun ekonomi masyarakat dapat meningkat dari event geopark tersebut. Maka dengan contoh di Jateng dampak sama harus bisa terjadi di Raja Ampat dan bisa tembus tingkat Unesco Global Geopark International.

"Konsep geopark, sangat lah bagus diterapkan di Raja Ampat karena konsep pembangunan di kategori berbasis kemasyarakatan. Dan, tujuan utama geopark memuliakan warisan bumi dan mensejahterakan masyarakat. Saya yakin, Raja Ampat pasti tembus Unesco Global Geopark", tutur Budi Martono.

Sementara itu, Bupati Raja Ampat, Abdul Faris Umlati mengatakan, festival geopark merupakan event baru di Raja Ampat tetapi sangat penting guna mempromosi pariwisata, serta pengembangan pelestarian geologi yang dimiliki oleh para raja. Selain itu, geopark upaya strategis melindungi Sumber Daya Alam (SDA).

"Event ini sangat penting dalam rangka promosi wisata dan pengembangan pelestarian geologi maupun budaya - budaya. Juga upaya strategis melindungi sumber daya alam, pendidikan juga edukasi meningkatkan ekonomi di Raja Ampat. Sehingga kita harus kembangkan dan melestarikan geopark ini," ajak Umlati

Festival Geopark Raja Ampat ini sendiri berlangsung sejak tanggal 25 s/d 27 Juli 2018, sejumlah kegiatan dikemas dalam memeriahkan acara festival tersebut.

Berdoa Untuk Leluhur di Air Terjun Warengkris

Setelah membuka festival geopark, jajaran dari pemerintah daerah dan masyarakat Kepulauan Waigeo Raja Ampat, melanjutkan kegiatan sesi budaya geosite di Air Terjun Warengkris. Acara dikemas berupa prosesi upacara adat dan juga berdoa kepada leluhur agar tetap menjaga dan melestarikan alam para raja.

Halaman:

Editor: Muhammad Adi

Tags

Terkini

5 Ide Menu Sarapan yang Bisa Dibuat dengan Air Fryer

Senin, 11 Januari 2021 | 07:16 WIB

Menguak Fakta di Balik Mitos soal Menstruasi

Sabtu, 19 Desember 2020 | 06:19 WIB

5 Cara Budidaya Paprika Supaya Tunai Untung

Senin, 26 Oktober 2020 | 07:34 WIB

Tips Cegah Covid-19 di Tempat Kerja

Senin, 29 Juni 2020 | 09:35 WIB

Bocoran 6 Fitur Baru WhatsApp yang Sedang Diuji

Jumat, 12 Juni 2020 | 19:23 WIB

5 Manfaat Telur Makanan Favorit si Kecil

Rabu, 10 Juni 2020 | 13:04 WIB

Tips Membersihkan Alat Makeup di Masa Pandemi

Rabu, 10 Juni 2020 | 11:04 WIB

Cara Pakai Face Wash yang Tepat

Rabu, 10 Juni 2020 | 09:04 WIB

3 Makanan untuk Kulit Cantik, Nomor 1 Coklat

Selasa, 9 Juni 2020 | 09:30 WIB
X