• Rabu, 26 Januari 2022

Kenali Demensia Vaskular, Penyakit Kerusakan Otak yang Belum Ada Obatnya

- Sabtu, 18 Agustus 2018 | 00:03 WIB
Foto ilustrasi
Foto ilustrasi

[NEWSmedia] - Setiap manusia dilengkapi oleh kemampuan berpikir dan daya ingat yang tumbuh secara alami. Tanpa ingatan yang kuat, akan sangat sulit bagi manusia untuk menjalani kehidupan normal.

Seseorang tidak akan bisa belajar berbagai hal, mmendapatkan pekerjaan yang baik, maupun mencari nafkah tanpa memiliki ingatan yang baik. Meski pada umumnya seseorang memiliki kemampuan mengingat secara alami, namun ada sejumlah penyakit yang dapat mempengaruhi ingatan.

Beberapa penyakit ini dapat mempengaruhi seseorang dalam bentuk cacat lahir, cedera otak serta penyakit yang dapat mempengaruhi mereka di kemudian hari. Sebagian besar masyarakat tahu kita bahwa, seiring bertambahnya usia, sel-sel tubuh kita mulai merosot, di setiap organ tubuh, termasuk otak.

Jadi, ketika sel-sel otak menjalani proses degenerasi dengan cepat hal itu mengarah pada kondisi seperti penyakit Alzheimer dan demensia, yang merupakan penyakit yang disebabkan pada usia tua.

Kedua penyakit yang disebutkan di atas menyebabkan gangguan memori dan fungsi belajar seseorang. Selain itu demensia menyebabkan kelupaan, kebingungan, dll. Saat ini orang masyarakat sudah akrab dengan demensia. Namun, tak sedikit dari Anda mengetahui apa yang dimaksud dengan demensia vaskular.

Demensia vaskular adalah penyakit di mana kemampuan ingatan, kemampuan penalaran, keterampilan belajar dan fungsi kognitif seseorang terganggu karena kerusakan otak yang dipicu oleh kurangnya aliran darah ke otak.

Demensia vaskular juga dikenal sebagai multi-infark dementia. Kondisi ini tidak ada obatnya. Penggunaan obat hanya dapat mengurangi gejalanya saja. Penyakit ini dikatakan sebagai tipe gangguan ingatan yang paling umum kedua setelah penyakit Alzheimer.

Meskipun gejala demensia dan demensia vaskular sangat mirip, namun para ahli dapat membedakan kedua penyakit ini. Demensia disebabkan oleh degenerasi sel otak yang cepat, yang selama usia tua. Demensia vaskular biasanya disebabkan karena serangkaian stroke yang menghalangi aliran darah ke sel-sel otak. Setelah itu sel-sel otak akan mulai mati, sehingga menimbulkan penyakit ini.

Demensia vaskular disebabkan oleh kurangnya suplai darah yang sehat ke sel-sel otak, yang menyebabkan mereka mulai berdegenerasi dengan cepat.

Halaman:

Editor: Mulyadi

Tags

Terkini

5 Ide Menu Sarapan yang Bisa Dibuat dengan Air Fryer

Senin, 11 Januari 2021 | 07:16 WIB

Menguak Fakta di Balik Mitos soal Menstruasi

Sabtu, 19 Desember 2020 | 06:19 WIB

5 Cara Budidaya Paprika Supaya Tunai Untung

Senin, 26 Oktober 2020 | 07:34 WIB

Tips Cegah Covid-19 di Tempat Kerja

Senin, 29 Juni 2020 | 09:35 WIB

Bocoran 6 Fitur Baru WhatsApp yang Sedang Diuji

Jumat, 12 Juni 2020 | 19:23 WIB

5 Manfaat Telur Makanan Favorit si Kecil

Rabu, 10 Juni 2020 | 13:04 WIB

Tips Membersihkan Alat Makeup di Masa Pandemi

Rabu, 10 Juni 2020 | 11:04 WIB

Cara Pakai Face Wash yang Tepat

Rabu, 10 Juni 2020 | 09:04 WIB

3 Makanan untuk Kulit Cantik, Nomor 1 Coklat

Selasa, 9 Juni 2020 | 09:30 WIB
X