• Minggu, 3 Juli 2022

Kandungan Skincare yang Tepat untuk Kulit Iritasi

- Jumat, 24 Agustus 2018 | 10:30 WIB
Foto ilustrasi.*
Foto ilustrasi.*

[NEWSmedia] - Jika kamu memiliki kondisi kulit yang memerah, terasa perih, hingga mengelupas, besar kemungkinan kulit kamu sedang mengalami iritasi. Penyebab dari kulit iritasi sebenarnya dapat dipengaruhi oleh banyak hal. Bisa jadi karena sinar matahari, bisa juga karena kandungan skin care yang terlalu keras, terlalu sering melakukan eksfoliasi, hingga disebabkan oleh proses waxing. Kalau kulit sudah mengalami iritasi, kamu tentu perlu lebih berhati-hati dalam memilih produk yang akan diaplikasikan pada kulit. Jika sampai keliru dalam menggunakan produk, kondisi iritasi kamu bisa jadi makin parah, lho! Nah, kalau kulit sudah terlanjur iritasi, berikut ada beberapa kandungan skin care yang dapat kamu gunakan untuk meredakannya.

1. Shea Butter

Selain identik dengan khasiatnya untuk melembapkan kulit, kandungan yang satu ini juga bisa menjadi salah satu ingredient penyelamat kulit kamu di kala iritasi. Berkat kandungan fatty acids (oleic acid, linoleic acid, steary acid) yang dimilikinya, shea butter dapat mendorong regenerasi sel yang akan turut membantu proses pemulihan kulit. Oleh karena itu, shea butter kerap kali digunakan untuk membantu memulihkan kulit terbakar, kulit iritasi, kulit kering, hingga eczema.

2. Aloe Vera

Kandungan yang sempat menjadi primadona di awal tahun 2018 ini memang dikenal memiliki segudang manfaat untuk perawatan, baik dari ujung kepala hingga ujung kaki. Salah satu khasiatnya adalah untuk membantu meredakan kulit yang iritasi. Kerap disebut sebagai tanaman obat atau apotik hidup, aloe vera mengandung auxin dan gibberellins, dua hormon tumbuhan yang memiliki khasiat membantu memulihkan luka dan anti-inflamasi, sehingga aloe vera mampu mempercepat proses pemulihan kulit yang bermasalah, seperti iritasi, pecah-pecah, bahkan luka.

3. Allantoin

Allantoin adalah phytochemical yang diekstraksi dari tumbuhan. Kandungan ini baik digunakan pada kulit yang iritasi karena allantoin akan membantu menenangkan kulit bermasalah dan mendorong regenerasi sel-sel kulit baru. Selain itu, allantoin juga bersifat anti-inflamasi dan anti-irritant yang membantu mempercepat proses pemulihan kulit iritasi sekaligus memiliki efek melembapkan kulit. Bahkan, Federal Drug Association (FDA) juga sudah menyetujui klaim allantoin yang bekerja untuk membantu kulit iritasi, lho!

4. Calendula

Mulai dari toner, cleansing oil, hingga moisturizer, calendula telah banyak digunakan dalam berbagai produk skin care. Penggunaan calendula sebagai bahan utama tentunya bukan tanpa alasan. Calendula ternyata memiliki banyak manfaat untuk kulit, di antaranya untuk membantu mengatasi luka bakar, ruam, inflamasi, luka, dan kulit yang iritasi. Hal ini tidak lepas dari khasiat calendula yang bersifat antiseptik, anti-fungal, anti-inflamasi, dan anti-bakteri.

Halaman:

Editor: Muhammad Adi

Tags

Terkini

5 Ide Menu Sarapan yang Bisa Dibuat dengan Air Fryer

Senin, 11 Januari 2021 | 07:16 WIB

Menguak Fakta di Balik Mitos soal Menstruasi

Sabtu, 19 Desember 2020 | 06:19 WIB

5 Cara Budidaya Paprika Supaya Tunai Untung

Senin, 26 Oktober 2020 | 07:34 WIB

Tips Cegah Covid-19 di Tempat Kerja

Senin, 29 Juni 2020 | 09:35 WIB

Bocoran 6 Fitur Baru WhatsApp yang Sedang Diuji

Jumat, 12 Juni 2020 | 19:23 WIB

5 Manfaat Telur Makanan Favorit si Kecil

Rabu, 10 Juni 2020 | 13:04 WIB

Tips Membersihkan Alat Makeup di Masa Pandemi

Rabu, 10 Juni 2020 | 11:04 WIB

Cara Pakai Face Wash yang Tepat

Rabu, 10 Juni 2020 | 09:04 WIB