• Selasa, 28 September 2021

Penyayatan Tangan Anak Sekolah, BNNP tak Temukan Narkoba dalam Minuman Torpedo

- Sabtu, 6 Oktober 2018 | 10:57 WIB
Foto ilustrasi.*
Foto ilustrasi.*

[NEWSmedia] - Badan Narkotika Nasional Provinsi (BNNP) Lampung menyatakan kasus sejumlah anak sekolah di Lampung Tengah yang mengonsumsi minuman energi merek Torpedo lalu menyayat tangannya sendiri, bukan pengaruh minuman. Setelah uji laboratorium minuman energi tersebut ditemukan tidak mengandung zat narkotika (benzodiazepin) dan obat terlarang (narkoba).

Kepala BNNP Lampung Brigjen Pol Tagam Sinaga mengatakan, pihaknya telah melakukan uji laboratorium dari sampel minuman berenergi merek Torpedo yang dikonsumsi anak sekolah tersebut di BPOM. “Hasilnya negatif, tidak ada kandungan narkoba,” kata Tagam Sinaga dalam keterangan persnya, Jumat (5/10) malam.

Ia mengatakan hasil uji laboratorium, dari minuman energi merek Torpedo tersebut, terdapat zat kafein dan vitamin, yang layak dikonsumsi orang dewasa bukan anak sekolah. Namun minuman energi tersebut tidak sepatutnya beredar di lingkungan sekolah dan dikonsumsi anak sekolah.

Minuman merek tersebut layak dikonsumsi orang dewasa untuk menambah energi. Karena harganya murah Rp 1.000 maka dapat dibeli oleh siapapun, termasuk anak-anak sekolah.

Sebelumnya, sejumlah anak sekolah di Kabupaten Lampung Tengah melakukan aksi tantangan menyayat tangannya sendiri setelah meminum minuman merek Torpedo. Aksi anak sekolah tersebut sempat meresahkan sekolah dan orang tua seingga perlu diambil tindakan agar tidak menyebar ke anak sekolah lain.

Tagam menyatakan, aksi anak sekolah tersebut bukan pengaruh dari minuman energi tersebut, tapi lebih pada aksi tantangan yang ditontonnya di media sosial. Tindakan anak sekolah yang melakukan aksi menyayat tangannya sendiri, karena tontonan video yang beredar di media sosial sebagai aksi tantangan di antara mereka.

Kapolres Lampung Tengah AKBP Slamet Wahyudi memerintahkan anak buahnya untuk merazia minuman tersebut yang beredar di sekitar sekolah. Minuman tersebut memang dijual bebas di warung dengan harga yang terjangkau oleh siapa pun termasuk anak sekolah.

Selain merazia warung sekitar sekolah, petugas juga akan mengecek ke sekolah-sekolah untuk memastikan minuman tersbut tidak beredar dalam sekolah. Ia berharap para orangtua siswa dan pihak sekolah sama-sama memantau lingkungan anak-anaknya untuk mencegah terjadi hal serupa. [rpk]

Editor: Muhammad Adi

Tags

Terkini

5 Ide Menu Sarapan yang Bisa Dibuat dengan Air Fryer

Senin, 11 Januari 2021 | 07:16 WIB

Menguak Fakta di Balik Mitos soal Menstruasi

Sabtu, 19 Desember 2020 | 06:19 WIB

5 Cara Budidaya Paprika Supaya Tunai Untung

Senin, 26 Oktober 2020 | 07:34 WIB

Tips Cegah Covid-19 di Tempat Kerja

Senin, 29 Juni 2020 | 09:35 WIB

Bocoran 6 Fitur Baru WhatsApp yang Sedang Diuji

Jumat, 12 Juni 2020 | 19:23 WIB

5 Manfaat Telur Makanan Favorit si Kecil

Rabu, 10 Juni 2020 | 13:04 WIB

Tips Membersihkan Alat Makeup di Masa Pandemi

Rabu, 10 Juni 2020 | 11:04 WIB

Cara Pakai Face Wash yang Tepat

Rabu, 10 Juni 2020 | 09:04 WIB

3 Makanan untuk Kulit Cantik, Nomor 1 Coklat

Selasa, 9 Juni 2020 | 09:30 WIB
X