• Jumat, 17 September 2021

10 Wisata Religi Jawa Timur, Spot Liburan yang Wajib Dikunjungi

- Senin, 22 Oktober 2018 | 16:13 WIB
Majis Pintu Seribu.*
Majis Pintu Seribu.*

[NEWSmedia] -  Jawa Timur adalah salah satu provinsi di Indonesia yang memiliki destinasi wisata lengkap. Wisata Jawa Timur pun sangat beragam, mulai dari wisata alam, wisata kota, hingga wisata religi dan sejarah bisa wisatawan kunjungi. Salah satu wisata Jawa Timur yang cukup menarik perhatian adalah wisata religi.

Hal ini tak terlepas dari keberadaan Wali Songo, penyebar agama Islam di Pulau Jawa, terus memberikan pengaruh dan menjadi magnet wisata religi. Bahkan, wisatawan asing juga tertarik untuk mengikuti perjalanan wisata religi tersebut. Berikut beberapa wisata religi yang ada di jawa timur yang banyak di kunjungi oleh para pewisatwan.

Selain ziarah makam tokoh-tokoh agama, wisatawan juga bisa mendapat pengetahuan tentang sejarah bagaimana persebaran agama Islam di kawasan tersebut. Nah, berikut rangkum dari berbagai sumber Jumat (19/10/2018), 10 spot wisata religi Jawa Timur yang cocok jadi destinasi wisata antimainstream.

1. Sunan Ampel Surabaya

Jika ingin merasakan suasana yang sedikit berbeda dengan suasana Surabaya pada umumnya, Kawasan Wisata Religi Sunan Ampel merupakan salah satu alternatif yang bisa dipilih. Ketika sampai di kawasan ini, yang pertama kali terasa adalah suasana khas Timur Tengah yang begitu kental. Kawasan Ampel ini merupakan pertemuan berbagai etnis, yang didominasi oleh etnis keturunan Arab. Kawasan ini juga telah ditetapkan sebagai cagar budaya oleh Pemerintah Kota Surabaya.

Kawasan Wisata Ampel menawarkan banyak alternatif wisata, antara lain wisata religi, wisata kuliner, dan wisata belanja. Dan bahkan jika kalian termasuk penyuka sejarah, tempat ini menawarkan beberapa peninggalan sejarah yang layak untuk dikunjungi. Banyak sekali peziarah yang mendatangi kampung Arab Ampel ini setiap harinya. Khususnya untuk berziarah di makam Sunan Ampel. Sunan Ampel memiliki nama kecil Raden Rahmat dan merupakan satu dari sembilan wali yang menyebarkan Islam di Pulau Jawa (Wali Songo). Sunan Ampel diperkirakan wafat pada tahun 1481 di Demak dan dimakamkan di sebelah barat Masjid Ampel, Surabaya.

2. Masjid Agung di Al-Akbar di Surabaya

Masjid Al-Akbar Surabaya (MAS), yang lebih dikenal sebagai Masjid Agung, adalah salah satu tempat wisata ikonik di Surabaya. Masjid Agung terletak di wilayah Kebonsari, Selatan Surabaya. Tempat wisata Jawa Timur ini dibangun di atas lahan seluas 11,2 hektare dengan kapasitas 36 ribu jamaah. Keunikan dari masjid ini terletak pada corak ukiran dan kaligrafi. Sepintas coraknya memang mirip dengan masjid-masjid pada umumnya, namun masjid ini memiliki corak kaligrafi yang lebih banyak. Saat memasuki masjid, pengunjung akan disambut dengan 45 ukir kaligrafi di kayu jati. Kaligrafi yang rumit juga terpampang pada dinding-dinding masjid.

Pada bagian muka masjid, juga terpampang kaligrafi sepanjang 180 meter dengan lebar 1 meter. Elemen penunjang keindahan yang lain adalah penggunaan kaca patri. Keunikan lainnya, bentuk dari atap Masjid Nasional Al-Akbar Surabaya terdiri dari satu buah kubah besar yang juga didukung dengan 4 buah kubah kecil yang berbentuk limasan serta memiliki 1 menara setinggi 99 meter. Berkat keindahannya, tempat wisata Jawa Timur ini selalu ramai dikunjungi wisatawan pada hari biasa maupun hari liburan.

Halaman:

Editor: Muhammad Adi

Tags

Terkini

5 Ide Menu Sarapan yang Bisa Dibuat dengan Air Fryer

Senin, 11 Januari 2021 | 07:16 WIB

Menguak Fakta di Balik Mitos soal Menstruasi

Sabtu, 19 Desember 2020 | 06:19 WIB

5 Cara Budidaya Paprika Supaya Tunai Untung

Senin, 26 Oktober 2020 | 07:34 WIB

Tips Cegah Covid-19 di Tempat Kerja

Senin, 29 Juni 2020 | 09:35 WIB

Bocoran 6 Fitur Baru WhatsApp yang Sedang Diuji

Jumat, 12 Juni 2020 | 19:23 WIB

5 Manfaat Telur Makanan Favorit si Kecil

Rabu, 10 Juni 2020 | 13:04 WIB

Tips Membersihkan Alat Makeup di Masa Pandemi

Rabu, 10 Juni 2020 | 11:04 WIB

Cara Pakai Face Wash yang Tepat

Rabu, 10 Juni 2020 | 09:04 WIB

3 Makanan untuk Kulit Cantik, Nomor 1 Coklat

Selasa, 9 Juni 2020 | 09:30 WIB
X