• Minggu, 19 September 2021

Tak Ingin Obesitas, Ini Tips Menerapkan Diet Pada Anak

- Rabu, 31 Oktober 2018 | 13:01 WIB
Foto ilustrasi.*
Foto ilustrasi.*

[NEWSmedia] - Sebagian besar anak mencoba untuk mempertahankan berat badan agar tidak gemuk. Namun sebagian lagi justru diharuskan menambah, dan ada pula yang kelebihan berat badan. Sangat penting bagi orang tua mengikuti panduan umum terkait rekomendasi makanan sehat bagi anak.

Laman Livestrong.com memaparkan, menyuguhkan anak makanan cepat saji dan penganan manis bisa menambah kalori dengan cepat. Tetapi nyaris tidak ada nutrisi yang dikandung di dalam makanan cepat saji. Hal itu bisa berdampak buruk bagi perkembangan dan pertumbuhan anak.

Meski baru berusia anak-anak, penerapan diet makanan sudah bisa diterapkan sejak dini. Berkonsultasi pada dokter terkait asupan gizi bisa dilakukan orang tua. Berdasarkan kebutuhan secara umum, asupan kalori untuk anak dimulai dari 1200 hingga 2600 per hari. Jumlah tersebut gantung pada usia, aktivitas, serta jenis kelamin.

Bagi anak yang dianjurkan menambah berat badan bisa menambah konsumsi sebanyak 250 kalori per hari. Tambahan kalori tersebut akan menaikkan berat kira-kira setengah pound dalam satu minggu. Orang tua harus memantau kenaikan berat badannya.

Apabila kenaikan terlalu cepat tidak bagus bagi anak. Hendaknya kenaikan berat badan harus stabil. Ketika berat badan melonjak cukup cepat, ayah dan ibu bisa mengurangi 100 kalori per hari. Kenaikan terlalu cepat bisa berpengaruh terhadap kesehatannya.

Untuk mendapatkan nutrisi seimbang, orang tua harus memperkenalkan beragam jenis makanan sejak dini. Perkaya menu makanan sehari-hari dengan buah, sayuran, biji-bijian, protein, dan susu. Jangan pula melupakan lemak sehat dari minyak dah kacang-kacangan.

Trik makan

Makanan ringan merupakan bagian terpenting dari diet anak. Berikan camilan sebanyak dua hingga tiga kali sehari. Makanan ringan yang sehat bisa berupa roti, biskuit gandum, yogurt dengan granola, atau semangkuk sereal susu yang ditambah smoothie.

Agar anak memahami proses makanan bergizi sebaiknya ajak dia berbelanja dan mengolah makanan bersama. Jadikan waktu makan menjadi menyenangkan. Namun bila anak belum merasa lapar dan enggan makan sebaiknya jangan memaksanya.

Halaman:

Editor: Muhammad Adi

Tags

Terkini

5 Ide Menu Sarapan yang Bisa Dibuat dengan Air Fryer

Senin, 11 Januari 2021 | 07:16 WIB

Menguak Fakta di Balik Mitos soal Menstruasi

Sabtu, 19 Desember 2020 | 06:19 WIB

5 Cara Budidaya Paprika Supaya Tunai Untung

Senin, 26 Oktober 2020 | 07:34 WIB

Tips Cegah Covid-19 di Tempat Kerja

Senin, 29 Juni 2020 | 09:35 WIB

Bocoran 6 Fitur Baru WhatsApp yang Sedang Diuji

Jumat, 12 Juni 2020 | 19:23 WIB

5 Manfaat Telur Makanan Favorit si Kecil

Rabu, 10 Juni 2020 | 13:04 WIB

Tips Membersihkan Alat Makeup di Masa Pandemi

Rabu, 10 Juni 2020 | 11:04 WIB

Cara Pakai Face Wash yang Tepat

Rabu, 10 Juni 2020 | 09:04 WIB

3 Makanan untuk Kulit Cantik, Nomor 1 Coklat

Selasa, 9 Juni 2020 | 09:30 WIB
X