• Minggu, 19 September 2021

Jangan Sampai Rugi, Ini Antisipasi Mobil Mogok saat Musim Hujan

- Rabu, 18 Desember 2019 | 18:22 WIB
Foto ilustrasi.*
Foto ilustrasi.*

[NEWSmedia] - Musim hujan mulai melanda Indonesia. Bahkan pagi ini, hujan deras sudah mengguyur beberapa wilayah di Jakarta. Hujan kerap kali menjadi momok untuk pengendara. Malah, hujan yang menimbulkan genangan atau banjir di jalanan bisa merugikan pemilik mobil.

Dalam siaran pers yang diterima detikcom, Presidium Indonesia Traffic Watch Edison Siahaan memberikan imbauan kepada pemerintah dan pemilik kendaraan saat musim hujan ini. Untuk pemerintah, diharapkan lebih sering memperhatikan kondisi jalan, terutama yang rawan banjir. Kepolisian pun diharapkan lebih sigap karena potensi gangguan lalu lintas saat hujan lebih tinggi.

Sementara kepada pemilik kendaraan, Edison mengimbau agar kendaraan diperhatikan dan diperiksa lebih teliti. Jangan sampai mobil mogok ketika dikendarai di tengah hujan yang mengguyur dan menimbulkan genangan. "Kelancaran lalu lintas bisa terganggu," katanya.

Disebutkan, ada beberapa dampak negatif yang bisa berakibat pada mobil saat musim hujan, terlebih jika melewati jalanan yang terdapat genangan air. Dampak paling murah setelah mobil menerjang genangan air adalah interior yang kotor. Biaya pembersihan interior paling sedikit memakan Rp 3 juta.

Kerugian lebih besar bisa dialami pemilik mobil kalau banjir yang merendam masuk sampai ruang mesin dan berdampak pada ECU. Jika ECU rusak, biaya pergantiannya mulai dari Rp 12 juta.

Kerusakan paling parah adalah water hammer. Kondisi ini terjadi jika air masuk ruang bakar mesin. Lebih parah, setang piston bisa bengkok lalu menghamtam blok mesin. Dalam kondisi ini, mesin harus diganti baru. Biaya pergantian mesin paling sedikit Rp 50 juta.

Tak mau merugi karena mobil terendam genangan air saat musim hujan? Ada antisipasinya. Pengendara disarankan sebaiknya menghindari jalanan yang tergenang.

Kalau terpaksa melewati genangan dengan ketinggian kurang dari setengah tinggi ban, pastikan kendaraan menggunakan perseneling rendah, jalankan mobil dengan kecepatan rendah.

Jika terlanjur terjebak di jalan yang sudah tergenang dengan ketinggian setengah ban atau lebih, pengemudi disarankan segera mematikan mesin, mencabut kunci kontak dan keluar dari mobil. Jika memungkinkan, segera mencabut kabel aki untuk mencegah korslet yang bisa menimbulkan kerusakan lebih parah. Segera hubungi layanan derek untuk membawa mobil ke bengkel.

Halaman:

Editor: Muhammad Adi

Tags

Terkini

5 Ide Menu Sarapan yang Bisa Dibuat dengan Air Fryer

Senin, 11 Januari 2021 | 07:16 WIB

Menguak Fakta di Balik Mitos soal Menstruasi

Sabtu, 19 Desember 2020 | 06:19 WIB

5 Cara Budidaya Paprika Supaya Tunai Untung

Senin, 26 Oktober 2020 | 07:34 WIB

Tips Cegah Covid-19 di Tempat Kerja

Senin, 29 Juni 2020 | 09:35 WIB

Bocoran 6 Fitur Baru WhatsApp yang Sedang Diuji

Jumat, 12 Juni 2020 | 19:23 WIB

5 Manfaat Telur Makanan Favorit si Kecil

Rabu, 10 Juni 2020 | 13:04 WIB

Tips Membersihkan Alat Makeup di Masa Pandemi

Rabu, 10 Juni 2020 | 11:04 WIB

Cara Pakai Face Wash yang Tepat

Rabu, 10 Juni 2020 | 09:04 WIB

3 Makanan untuk Kulit Cantik, Nomor 1 Coklat

Selasa, 9 Juni 2020 | 09:30 WIB
X