• Senin, 3 Oktober 2022

Tips Sederhana agar Tidur Lebih Cepat

- Jumat, 3 April 2020 | 21:16 WIB
Foto ilustrasi.*
Foto ilustrasi.*

[NEWSmedia] -  Tidur merupakan suatu hal yang sangat penting dalam kehidupan manusia. Ini akan membantu seseorang merasa baik dan membuat tubuh serta otak berfungsi dengan baik. Beberapa orang tidak memiliki masalah dengan tidurnya. Namun, ada sebagian orang lain mengalami kesulitan besar jatuh dan tetap tertidur sepanjang malam. Tidur yang buruk memiliki efek negatif pada banyak bagian tubuh dan otak, termasuk pembelajaran, memori, suasana hati, emosi dan berbagai fungsi biologis. Berikut ini beberapa tips sederhana yang membantu seseorang tertidur dengan cepat.

Menurunkan Suhu Kamar

Suhu tubuh berubah saat seseorang tertidur. Suhu inti menurun, sementara suhu tangan dan kaki meningkat. Jika kamar terlalu hangat, mungkin seseorang akan kesulitan tidur. Preferensi individu akan bervariasi, jadi temukan suhu yang paling cocok untukmu. Mandi air hangat juga bisa membantu mempercepat perubahan suhu tubuh. Saat tubuh menjadi dingin setelah itu, ini dapat membantu mengirimkan sinyal ke otak untuk tidur.

Tidur Sesuai Jadwal

Banyak orang menemukan bahwa pengaturan jadwal tidur membantu mereka lebih mudah tidur. Tubuh memiliki sistem pengaturan sendiri yang disebut ritmesirkadian. Jam internal ini memberi isyarat pada tubuh untuk merasa waspada di siang hari tetapi mengantuk di malam hari. Bangun dan tidur pada waktu yang sama setiap hari dapat membantu jam internak menjaga jadwal rutin. Setelah tubuh menyesuaikan diri dengan jadwal ini, akan lebih mudah tertidur dan bangun di waktu yang sama setiap hari. Juga penting untuk tidur 7-9 jam setiap malam. Ini telah terbukti menjadi durasi tidur optimal untuk orang dewasa.

Berlatihan Pernapasan

Ketika orang stres, mereka cenderung mengalami kesulitan tidur. Yoga, meditasi dan perhatian adalah alat untuk menenangkan pikiran dan mengendurkan tubuh. Selain itu, hal tersebut sudah terbukti meningkatkan kualitas tidur. Yoga mendorong praktik pola pernapasan dan gerakan tubuh yang melepaskan stres dan ketegangan yang menumpuk di tubuh. Sedangkan meditasi dapat meningkatkan kadar melatonin dan membantu otak dalam mencapai kondisi tertentu di mana tidur mudah dicapai.

Mendengarkan Musik Relaksasi

Musik dapat secara signifikan meningkatkan kualitas tidur. Itu bahkan dapat digunakan untuk meningkatkan gangguan tidur kronis seperti insomnia. Jika music relaksasi tidak tersedia, membuat hening keadaan mungkin dapat membantu tertidur lebih cepat dan meningkatkan tidur tanpa gangguan.

Halaman:

Editor: Muhammad Adi

Tags

Terkini

5 Ide Menu Sarapan yang Bisa Dibuat dengan Air Fryer

Senin, 11 Januari 2021 | 07:16 WIB

Menguak Fakta di Balik Mitos soal Menstruasi

Sabtu, 19 Desember 2020 | 06:19 WIB

5 Cara Budidaya Paprika Supaya Tunai Untung

Senin, 26 Oktober 2020 | 07:34 WIB

Tips Cegah Covid-19 di Tempat Kerja

Senin, 29 Juni 2020 | 09:35 WIB

Bocoran 6 Fitur Baru WhatsApp yang Sedang Diuji

Jumat, 12 Juni 2020 | 19:23 WIB

5 Manfaat Telur Makanan Favorit si Kecil

Rabu, 10 Juni 2020 | 13:04 WIB

Tips Membersihkan Alat Makeup di Masa Pandemi

Rabu, 10 Juni 2020 | 11:04 WIB

Cara Pakai Face Wash yang Tepat

Rabu, 10 Juni 2020 | 09:04 WIB