BREAKING NEWS Hasil Sidang Isbat: 1 Ramadhan 1444 H Jatuh pada Hari Kamis 23 Maret 2023

- Rabu, 22 Maret 2023 | 19:06 WIB
Hasil sidang Isbat penetapan 1 Ramadhan 1444 H/2023. (Tangkap layar YouTube KOMPAS TV.)
Hasil sidang Isbat penetapan 1 Ramadhan 1444 H/2023. (Tangkap layar YouTube KOMPAS TV.)

NEWSmedia – Berikut adalah hasil sidang Isbat penetapan 1 Ramadhan 2023 yang telah resmi diumumkan oleh Kementerian Agama RI. 

Hasil sidang Isbat ini berdasarkan pada berbagai tahapan mulai dari pertimbangan Astronomi (Hisab) hingga hasil pemantauan Hilal atau Rukhyatul Hilal yang akan dilaksanakan di Kantor Kemenag Jakarta Barat.

Kementerian Agama RI Yaqut Cholil Qoumas bersama dengan pimpinan Majelis Ulama Indonesia (MUI)dan anggota sidang lainnya mengumumkan hasil sidang Isbat penetapan 1 Ramadhan 2023 sebagai berikut.

Baca Juga: Ramalan Zodiak Hari Ini Capricorn, Kamis 23 Maret 2023: Percepat Langkah Kamu, Ada Ide Cemerlang Bersama Dia

Berdasarkan hasil pantauan hilal yang terdiri dari 124 titik pemantauan di seluruh Indonesia beberapa orang menkonfirmasi terlihatnya hilal.

Dengan ini Kementerian Agama bersama perwakilan anggota sidang lainnya, menetapkan bahwa 1 Ramadhan 1444 H jatuh pada hari Kamis 23 Maret 2023 seperti mengutip dari konferensi pers melalui Youtube KOMPAS TV.

“Kami menetapkan awal bulan berdasarkan hasil Hisab dan Rukyatul Hilal, dikonfirmasi beberapa orang sebagai petugas di 124 titik Rukyatul Hilal seluruh Indonesia, Hilal telah berada di atas ufuk. Dengan ini bahwa 1 Ramadhan 1444 H Jatuh pada Kamis 23 Maret 2023 Masehi" Ungkap Yaqut Cholil Qoumas dalam konferensi pers sidang Isbat Rabu 22 Maret 2023.

Berdasarkan hasil dari sidang Isbat tersebut, maka umat muslim yang akan melaksanakan Puasa Ramadhan esok hari juga akan melaksanakan Shalat Tarawih per malam ini.

Baca Juga: 15 Ucapan Selamat Hari Raya Nyepi 2023 dalam Bahasa Indonesia: Cocok untuk Kamu Bagikan Kepada Teman, Keluarga

Selain Menteri Agama dan MUI, sidang Isbat juga dihadiri oleh perwakilan Komisi VIII DPR RI, Duta besar negara-negara luar negeri serta Ormas Islam, perwakilan Universitas UIN, IAIN dan lainnya. 

Sebagai informasi, Sidang Isbat merupakan sidang penetapan dalil Syar’i di hadapan Hakim dalam suatu Majelis untuk menetapkan suatu kebenaran atau peristiwa yang terjadi. 

Di mana dalam hal ini sidang Isbat akan menentukan atau menetapkan 1 Ramadhan 1444 H yang akan dimulai saat hilal di beberapa wilayah sudah terlihat.

Baca Juga: Ternyata Fans Berat, Rose BLACKPINK Bagikan Momen Datangi Konser Love on Tour Harry Styles One Direction

Oleh karena itu, dalam hal ini Kementerian Agama selaku pemegang keputusan perihal penentuan awal puasa sebagai pegangan bagi umat Muslim mengadakan Sidang Isbat sebagai musyawarah serta keputusan terbuka. 

Penentuan 1 Ramadhan biasa tidak selalu sama antara Muhammadiyyah dengan NU, hal ini juga lah yang kemudian mendasari adanya Sidang Isbat untuk meminimalisir perbedaan pendapat.

Halaman:

Editor: Ilah Rohilah

Tags

Artikel Terkait

Terkini