• Jumat, 22 September 2023

Walikota Eri Cahyadi Ungkap Tiga Poin Jawab Polemik Konvoi Timnas Indonesia Vs Palestina FIFA Matchday 2023

- Rabu, 7 Juni 2023 | 18:22 WIB
Wali Kota Surabaya Eri Cahyadi. (Instagram @ericahyadi)
Wali Kota Surabaya Eri Cahyadi. (Instagram @ericahyadi)

NEWSmedia - Wali Kota Surabaya, Eri Cahyadi mengungkapkan tiga poin terkait rencana konvoi Timnas Indonesia di Surabaya, Jawa Timur.

Seperti diketahui, Timnas Indonesia akan menjamu Palestina di ajang FIFA Matchday 2023 yang akan digelar di Stadion Bung Tomo Surabaya, 14 Juni 2023.

Poin pertama, Eri menyebut rencana konvoi yang dimaksud banyak disalahpahami. Eri mengatakan konvoi tersebut merupakan sekadar 'pengawalan' dan penyambutan Timnas Indonesia dari hotel menuju Balai Kota Surabaya dan sebaliknya dengan jarak tempuh hanya tujuh menit.

Baca Juga: 8 Rekomendasi Film Horor Paling Menegangkan yang Bisa Bikin Kamu Trauma Nonton Sendirian, Berani Coba?

"Timnas Indonesia diagendakan makan malam bersama Timnas Palestina di Balai Kota Surabaya pada 11 Juni 2023," ujar Eri di Balai Kota Surabaya, Jawa Timur, Rabu 7 Juni 2023.

Poin kedua, Eri mengatakan pengawalan merupakan bagian dari budaya suporter Surabaya yang selalu menjalankan tradisi 'pengawalan' dan penyambutan pada kedatangan tamu-tamu klub penting.

Eri mencontohkan bagaimana para suporter di Surabaya ikut mengawal tim Persija Jakarta, Persis Solo, dan lain-lain.

Baca Juga: Teori Konspirasi Mengerikan yang Mendasari Ketidakpercayaan Orang Soal Kelucuan Kartun Terkenal, Ada Spongebob

"Jadi, konvoi ini pengawalan karena penghormatan yang diberikan kepada Timnas Indonesia. Ini tradisi dan budaya suporter Surabaya karena kami ingin menunjukkan suporter Surabaya itu begitu ramah," ucap Eri.

Eri menyebut biasanya konvoi dihadiri perwakilan suporter. Eri mengatakan rencana konvoi untuk timnas Indonesia pun akan dibatasi karena memang hanya memiliki jarak tempuh yang sangat dekat yakni dari hotel ke Balai Kota Surabaya dan sebaliknya.

"Jadi ini bukan mengelilingkan pemain Timnas ke seluruh Surabaya. Tapi karena ini kemudian disalahpahami, maka konvoi ditiadakan. Para pemain timnas Indonesia dan Palestina langsung gala dinner di Balai Kota," sambung dia.

Baca Juga: Sederet Ramalan Nostradamus tentang Masa Depan yang Dianggap Mengerikan dan Dipercaya Jadi Kenyataan

Poin ketiga terkait gala dinner, ucap Eri, merupakan wujud persahabatan kedua negara, sekaligus bentuk dukungan kepada perjuangan rakyat Palestina.

Eri mengatakan dukungan tersebut pun tertuang dalam bentuk donasi 10 persen hasil penjualan tiket untuk masyarakat Palestina.

"Balai Kota Surabaya yang terintegrasi dengan Taman Surya adalah tempat terbuka. Jadi warga silakan datang ke Taman Surya, di sana ada pemain Timnas Indonesia dan Palestina, bisa memberi semangat, semacam meet and greet sembari menikmati makanan UMKM Surabaya sebanyak 5.000 porsi. Nanti juga akan diperkenalkan para pemain Timnas ke masyarakat suporter Surabaya,” kata Eri.***

Halaman:

Editor: Ahmad Hipni

Tags

Artikel Terkait

Terkini