• Kamis, 2 Desember 2021

KPK Tetapkan 22 Tersangka Terkait OTT Bupati Probolinggo

- Selasa, 31 Agustus 2021 | 03:18 WIB
Gedung KPK. (Pikiran Rakyat/Dhemas Reviyanto)
Gedung KPK. (Pikiran Rakyat/Dhemas Reviyanto)

NEWSmedia - Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) secara resmi menetapkan 22 tersangka dalam operasi tangkap tangan (OTT) di Kabupaten Probolinggo

Selain Bupati Probolinggo Puput Tantriana Sari dan Hasan Aminuddin Wakil Ketua Komisi IV DPR RI, KPK juga menetapkan 20 ASN Kabupaten Probolinggo.

“Empat orang disangka sebagai penerima, dan 18 orang sebagai pemberi uang suap,” ungkap Wakil Ketua KPK , Alexander Marwata dalam keterangan Pers di Gedung Merah Putih, Selasa dinihari 31 Agustus 2021.

Baca Juga: Bintang Sinetron Ikatan Cinta Dihujat Netizen, Amanda Manopo ‘Ceraikan’  Arya Saloka

Alexander Marwata menyebutkan, dalam OTT itu pihaknya juga berhasil mengamankan barang bukti berupa uang Rp360 juta. Uang itu diberikan 20 orang oknum ASN yang akan mengisi jabatan Penjabat Kepala Desa di Purbalingga.

Para tersangka akan ditahan selama 20 hari ke depan, terhitung sejak 31 Agustus hingga 19 Sepemtber untuk memudahkan pemeriksaan. Para tersangka ditahan di rutan berbeda.

Para calon penjabat kepala desa ini juga memiliki komitmen-komitmen lain dengan Bupati setelah mereka menjadi penjabat Kepala Desa. Yakni adanya komitmen plus Rp5 juta sebagai uang sewa tanah dari tanah bengkok.

Baca Juga: 12 Permainan Tradisional Yang Nyaris Punah Akibat Perkembangan Teknologi Gawai

“Yang jelas ini ada syarat para pejabat yang akan ditunjuk jadi penjabat kepala desa. Ada alokasi tanah bengkok, yang dikelola desa. Ada hasil yang nantinya juga akan diberikan,” ungkap Alexander.

Saat ini, lanjut Alexander, akan terjadi kekosongan kepala desa di sebanyak 252 desa yang akan melakukan pemilihan serentak pada 2022 mendatang. Untuk menentukan para penjabat kepala desa itu menjadi hak prerogatif Bupati.

Halaman:

Editor: Adam Adhary Abimanyu

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X