• Kamis, 2 Desember 2021

Jokowi Resmikan Bendungan Seharga Rp513 Miliar, Waktu Pengerjaannya Melebihi Masa Jabatan Presiden

- Rabu, 1 September 2021 | 10:00 WIB
Bendungan Kuningan, Jawa Barat.(Foto: Twitter @KemeterianPUPR)
Bendungan Kuningan, Jawa Barat.(Foto: Twitter @KemeterianPUPR)

NEWSmediaPresiden Jokowi meresmikan pembangunan Bendungan Kuningan, Jawa Barat. Megaproyek itu dipersiapkan untuk menyuplai air melalui irigasi untuk kebutuhan sekitar 3000 hektar lahan.

Peresmina dilakukan langsung oleh Presiden Jokowi didampingi Menteri PUPR Basuki Hadimuljono, Mensesneg Pratikno, Gubernur Jabar Ridwan Kamil dan Bupati Kuningan Acep Purnama,  Selasa 31 Agustus 2021.

Infirmasi yang dihimpun NEWSmedia dari Twitter resmi Kementerian PUPR, Bendungan Kuningan ini dibangun dengan waktu yang tidak sedikit. Yakni menghabiskan waktu 7 tahun dan menelaan aanggaran hingga Rp 513 miliar.

Baca Juga: Jadwal BRI Liga 1 2021 Pekan Kedua: Persib dan Persija Bakal Main

"Saya berharap bendungan ini dapat memberikan nilai tambah bagi daerah, bukan saja untuk irigasi, tetapi juga bermanfaat untuk penyediaan air bersih bagi masyarakat Kuningan," ujar Presiden Jokowi.

Presiden juga menginstruksikan agar Bendungan Kuningan segera disambungkan dengan jaringan irigasi agar bendungan tersebut betul-betul bermanfaat bagi para petani.

Dengan kapasitas tampung 25,9 juta m3, Bendungan Kuningan akan menyuplai air secara kontinu bagi 3.000 ha daerah irigasi di Kabupaten Kuningan, Kabupaten Cirebon, dan Kabupaten Brebes.

Presiden Jokowi meresmikan Bendungan Kuningan, Selasa 31 Agustus 2021. (Foto: Twitter @KementerianPUPR)
Bendungan ini juga sangat bermanfaat bagi masyarakat karna digunakan untuk ketahanan air, menghindari banjir, dan juga berguna untuk menyediakan air baku 0,30 m3/detik. Selain itu bendungan ini akan menghasilkan listrik 0,5 MW.

Serta objek wisata yang dapat membantu masyarakat juga dalam meningkatkan perekonomian.

Untuk diketahui, bendungan dan dam adalah konstruksi yang dibangun untuk menahan laju air menjadi waduk, danau, atau tempat rekreasi.

Halaman:

Editor: Adam Adhary Abimanyu

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X