• Kamis, 2 Desember 2021

Ini 5 Wisata Bahari di Indonesia yang Punya Nilai Sejarah, Salah Satunya Ada di Banten

- Rabu, 1 September 2021 | 11:05 WIB
Mercusuar Anyer (Dinas Pariwisata Provinsi Banten)
Mercusuar Anyer (Dinas Pariwisata Provinsi Banten)
NEWSmedia - Banyaknya aturan pembatasan di masa pandemi yang melarang masyarakat untuk mengunjungi tempat belanja ataupun pusat keramaian untuk mencegah penularan mungkin membuat kamu merasa bosan dan ingin segera berlibur kembali. 
 
Berikut adalah beberapa rekomendasi wisata bahari dan juga memiliki nilai sejarah yang bisa kamu kunjungi bersama keluarga atau teman. Tetapi tetap mengikuti aturan-aturan yang berlaku di tempat wisata.
 
Kepulauan Seribu
 
Kepulangan seribu memiliki banyak destinasi yang bisa kamu kunjungi ketika datang ke sana. Selain bisa menikmati keindahan alam dengan wisata pantai, kamu juga bisa mengunjungi beberapa kepulauan di daerah kepulauan seribu seperti Pulau Bidadari, Kelor, Onrust dan pulau Cipir.
 
 
Keempat pulau tersebut tercatat sebagai salah satu tempat bersejarah dimana pulau-pulau tersebut pernah menjadi tempat pertahanan dan penyimpanan rempah-rempah sebelum di kirim ke Belanda.
 
Selain itu pulau kelor juga memiliki catatan sejarah berupa galangan kapal yang dibangun Belanda dan benteng Martelo yang dibangun VOC di abad ke-17.
 
Mercusuar Cikoneng Anyer
 
Salah satu wisata yang bisa kamu kunjungi selain pantai adalah Mercusuar atau Menara yang berada tepatnya di Kampung Bojong, Desa Cikoneng, Kecamatan Anyer, Kabupaten Serang, Banten.
 
Mercusuar Cikoneng ini merupakan salah satu Mercusuar dalam gugus tugas Kantor Distrik Navigasi Kelas I Tanjung Priok, Direktorat Kenavigasian, Direktorat Jendral Perhubungan Laut, Kementrian Kelautan dan Perikanan.
 
 
Saat datang ke Mercusuar kamu akan disuguhkan dengan wisata laut dan pemandangan mercusuar yang megah.
 
Selain itu mercusuar ini memiliki catatan sejarah berupa prasasti yang berada di atas pintu Mercusuar yang bertuliskan bahasa Belanda, karena menurut sejarah, Mercusuar ini adalah hadiah dari Raja Belanda Z.M Willem III sebagai pengganti Mercusuar yang lama yang hancur akibat bencan alam.
 
Pantai Parangtritis
 
Pantai Parangtritis merupakan destinasi wisata yang terletak di Desa Parangtritis, Kretek, Kabupaten Bantul, DIY Yogyakarta.
 
Selain menyuguhkan desnitasi bahari kepada pengunjung, Parangtritis adalah pantai dengan sejuta kekayaan laut didalamnya yang indah dan cocok untuk eksplorasi wisata bawah laut.
 
 
Selain itu parangtritis menjadi simbol sejarah bagi DI Yogyakarta karena merupakan garis yang menghubungkan Panggung Krapyak, Keraton Yogyakarta, Tugu Yogyakarta dan Gunung Merapi yang dikenal juga dengans sebutan garis Imajiner Yogyakarta. 
 
Pantai Pangandaran
 
Pantai Pangandaran berada di Desa Pananjung, Kecamatan Parigi, Kabupaten Pangandaran Jawa Barat. Pantai pangandaran merupakan pantai yang banyak ditempati oleh para nelayan Sunda.
 
 
Pada zaman penjajahan Belanda, sebelum menjadi pantai Pangandaran sejarah di dalamnya terkait dengan sejarah kerajaan setelah Padjajaran, yang mengalami perubahan menjadi daerah taman wisata dan perairan yang sekarang dikenal dengan pantai Pangandaran.
 
Saat mengunjungi pantai pangandaran kamu akan mendapatkan wisata bahari sekaligus napak tilas sejarah yang terkandung di dalamnya.
 
Pandai Pandawa
 
Mungkin anda pernah mendengar nama Pandawa 5 yang merupakan bagaian dari Mahabharata dan menurut sejarah daerah pantai ini merupakan daerah dimana dulu para pandawa 5 yang terdiri dari Yudistira, Bima, Arjuna, Nakula dan Sadewa pernah melewati daerah pantai ini untuk melakukan usaha penyelamatan diri dengan menggali terowongan. Oleh karena itu pantai ini merupakan simbol sejarah bagi masyarakat Bali. ***

Editor: Fatihin Rere

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X