• Selasa, 24 Mei 2022

Kasus Korupsi Bansos, Anak Buah Juliari Batubara Divonis 7 Tahun Penjara

- Rabu, 1 September 2021 | 16:04 WIB
Suasana sidang di PN Jakarta pusat dalam agenda putusan vonis kepada Adi Wahyono, eks anak buah Juliari Batubara, yang disiarkan secara virtual, Rabu 1 September 2021. (Foto: Tangkap Layar https://www.youtube.com/watch?v=0YDFQA0A0A0)
Suasana sidang di PN Jakarta pusat dalam agenda putusan vonis kepada Adi Wahyono, eks anak buah Juliari Batubara, yang disiarkan secara virtual, Rabu 1 September 2021. (Foto: Tangkap Layar https://www.youtube.com/watch?v=0YDFQA0A0A0)

NEWSmedia – Pengadilan Negeri (PN) Jakarta Pusat menjatuhkan vonis kurungan 7 tahun penjara kepada eks Pejabat Pembuat Komitmen/PPK Kementerian Sosial, Adi Wahyono sebagai terdakwa kasus korupsi Bansos se-Jabodetabek tahun 2020.

Selain itu, terdakwa juga diwajibkan membayar biaya perkara sebsar Rp7500, serta uang pengganti sebesar Rp350 juta.  

“Terdakwa secara syah dan meyakinkan telah melakukan tindak pidana korupsi, maka pengadilan menjatuhkan hukuman kurungan 7 tahun penjara, dan denda sebesar Rp350 juta subsider 6 bulan kurungan,” ujar Ketua Majelis Hakim, Muhamad Davis, Rabu 1 September 2021, dalam persidangan yang dilakukan secara virtual.

Baca Juga: Cara Membuat Onion Ring Mozarella, Tanpa Ribet, Praktis dan Ekonomis

Majelis hakim dalam pertimbangannya, mengungkapkan hal-hal yang memberatkan antara lain, bahwa perbuatan terdakwa tidak mendukung pemerintah dalam memerangi perbuatan korupsi. Selain itu perbuatan dilakukan dalam keadaan musibah pandemi Covid 19.

Sedangkan yang meringankan, terdakwa belum pernah dihukum, berlaku sopan di pengadilan, mengakui dan menyesali perbuatannya, serta masih memiliki tanggungan keluara yang harus dihidupinya.

Pasca putusan, terdakwa melalui kuasa hukumnya mengaku pikir-pikir. Demikian juga tim JPU KPK yang mengaku pikiri-pikir dan akan segera menyampaikan hak nya dalam waktu dekat.

Baca Juga: Jungkook BTS Ultah ke-24, Beri Lagu Spesial Buat Para ARMY, Berikut Liriknya

“Terima kasih, itu hak saudara-saudara, maka untuk dipelajari atau pikir-pikir, saudara-saudara punya waktu 7 hari, terhitung sejak besok (Kamis 2 September 2021, red),” pungkas Muhamad Davis.

Hukuman yang dijatuhkan Majelis Hakim terhadap terdakwa, sesuai dengan tuntutan Jaksa Penuntut Umum KPK yang dibacakan Jumat 13 Agustus 2021.

Halaman:

Editor: Adam Adhary Abimanyu

Tags

Artikel Terkait

Terkini