• Jumat, 7 Oktober 2022

Hasil Korupsi Bansos Mengalir Deras ke Juliari Batubara, PN Jakarta Pusat juga Sebut Sejumlah Nama  

- Rabu, 1 September 2021 | 16:51 WIB
 Mantan Menteri Sosial Juliari Batubara.
Mantan Menteri Sosial Juliari Batubara.

 

NEWSmedia – Sidang vonis terhadap terdakwa Adi Wahyono, eks Pejabat Pembuat Komitmen/PPK Kementerian Sosial, dalam kasus korupsi Bansos se-Jabodetabek tahun 2020, mengungkap aliran dana hasil korupsi terhadap eks Mensos Juliari Batubara.

Dana Rp1,8 miliar yang terkumpul dari pihak ke 3 atau vendor-vendor pada pelaksanaan bakti sosial pembagian bansos nilainya bervariasi. Penerimaan uang antara Rp50 juta hingga R100 juta per vendor, diterima para perantara di sejumlah tempat.

Antara lain di halaman parkir gedung Kementrian Sosial, di ruang kerja Adi Wahyono, serta ada juga yang diserahkan di sebuah club dan kedai kopi.

Baca Juga: Link Live Streaming dan Jadwal PMPL ID Season 4: Mampukah RRQ dan BTR RA Bangkit dari Dasar Klasemen?

Yusuf Pranowo membeberkan, selanjutnya uang itu digunakan untuk kepentingan eks Mensos Juliari Batubara dalam sejumlah kegiatan. Antara lain, digunakan untuk pembayaran ongkos pesawat Rp279 juta, untuk keberangkatan rombongan Kemensos ke Denpasar, Bali.

“Dana sebesar Rp270 juta untuk biaya pembayaran pesawat Mensos Juliari Batubara ke Lampung, tapi urung berangkat dan uangnya dikembalikan sebesar Rp206 jt kepada Selvi Nurbaity melalui rekening pribadi BCA,” ujar Yusuf Pranowo.

Selanjutnya, aliran dana juga mengalir kepada Amin Raharjo yang diserahkan M Taufik, untuk acara Diklat Bela Negara sebesar Rp90 juta Pembelian masker Rp240 juta untuk dibagikan di Dapil Julia Batubara, yakni di Jawa Tengah.

Baca Juga: Lee Jong Suk dan Im Yoona Dikonfirmasi Akan Membintangi Drakor 'Big Mouth', Begini Sinopsisnya

Selanjutnya sebesar Rp120 juta untuk acara Rapim Juliari Batubara yang dilangsungkan dari Agustus hingga November 2020. Membayar tamu menteri melalui M. Taufik sebesar Rp100 juta. Memberikan uang untuk tamu menteri ini 2 kali di bulan Oktober 2020, total Rp200 juta.

Halaman:

Editor: Adam Adhary Abimanyu

Tags

Artikel Terkait

Terkini