• Rabu, 8 Desember 2021

Apakah Kamu Tipe Kepribadian Introvert, Ekstrovert atau Ambivert? Berikut Cara Mengetahuinya

- Rabu, 1 September 2021 | 22:31 WIB
Merasa sendiri salah satu pemicu keinginan bunuh diri (Foto: Unsplash)
Merasa sendiri salah satu pemicu keinginan bunuh diri (Foto: Unsplash)
 
 
NEWSmedia - Setiap orang memiliki kepribadian yang berbeda-beda. Kerpibadian manusia pada umumnya dikelompokan menjadi 3 yaitu Kepribadian Introvert, Ekstrovert atau Ambivert.
Untuk mengetahui apakah kamu seorang dengan salah satu kepribadian di atas kamu bisa menyimak cara mengetahuinya berikut ini.
 
Kepribadian Introvert
Kepribaadian Introvert adalah kepribadian yang lebih merasa nyaman saat ia sendirian daripada bersama orang lain.
 
Lalu, untuk mengetahui apakah kamu adalah orang dengan kepribadian Introvert kamu bisa memperhatikan hal-hal berikut ini. 
 
 
Kewalahan saat harus berinteraksi dengan banyak orang.
Kepribadian Introvert biasanya sering merasa lelah jika harus melakukan banyak interaksi dengan orang lain. Orang introvert akan merasa bahwa banyak interaksi dengan orang lain merupakan hal yang tidak biasa.
 
Membutuhkan waktu sendirian
Orang dengan kepribadian introvert biasanya membutuhkan banyak waktu untuk sendiri. Bahkan jika ia sedang melakukan aktivitas seperti belajar atau mengerjakan sesuatu.
 
 
Mendapatkan ide saat melakukannya sendiri
Saat sedang sendiri, orang introvert akan lebih bisa membuka pikirannya untuk menghasilkan ide atau memutuskan sesuatu. Karena baginya terlalu banyak orang membuat ia sulit untuk berpikir.
 
Kepribadian Ekstrovert
Kepribadian Ekstrovert pada umumnya di definisikan sebagai kepribadian yang memiliki energi yang besar saat bersama orang lain.
 
Inilah beberapa cara untuk mengetahui apakah kamu memiliki kepribadian ekstrovert
 
Sangat bersemangat ketika bersama orang lain
Salah satu cara mengetahui apakah kamu orang yang ekstrovert adalah dengan memperhatikan apakah kamu sangat bersemangat ketika melakukan sesuatu dengan orang lain.
 
 
Bersosialisasi adalah hal yang penting 
Bagi orang berkepribadian ekstrovert bersosialisasi dengan orang lain adalah hal yang penting dilakukan untuk menyalurkan pikiran atau kesenangannya. Karena jika ia melakukannya sendirian ia mungkin akan kesulitan bahkan menjadi depresi.
 
Memutuskan sesuatu setelah mendengar pendapat orang lain
Seorang ektrovert mungkin tidak akan tahu jalan mana yang harus dipilih jika tidak mendengar terlebih dahulu pendapat orang lain, termasuk saat ia harus memutuskan suatu tindakan. Mendengar pendapat orang lain akan sangat membantunya.
 
 
Kepribadian Ambivert
Kepribadian Ambivert pada umumnya didefinisikan sebagai kepribadian yang memiliki dua sisi antara introvert yang pendiam dan Ekstovert yang aktif. 
Beberapa ciri orang berkepribadian Ambivert adalah :
 
Membutuhkan waktu untuk sendiri 
Seseorang dengan kepribadian Ambivert memiliki waktu dimana ia butuh untuk sendiri saat melakukan sesuatu. Hal ini karena ia berpikir bahwa ia butuh beristirahat dengan kebisingan orang-orang.
 
Membutuhkan waktu untuk bersama orang lain
Selain membutuhkan waktu sendiri, kepribadian ambivert juga memiliki waktu dimana ia harus bersama orang lain saat melakukan sesuatu. Hal ini karena ia merasa bahwa ia perlu menyalurkan perasaannya bersama orang lain.
 
 
Bisa menyeimbangkan waktu solo dan sosialnya
Seorang Ambevert adalah orang yang cenderung berubah-ubah saat ia membutuhkan orang atau tidak dalam melakukan dan memutuskan sesuatu. Kepribadian Ambivert akan bisa menyeimbangkan waktu kapan ia harus sendiri dan kapan ia harus bersama orang lain. 
 
Mengetahui kepribadian kamu sangat penting agar kamu bisa memahami diri sendiri dan memberikan keseimbangan diri. Semoga bermanfaat.***

Editor: Fatihin Rere

Tags

Terkini

X