• Kamis, 28 Oktober 2021

Kota Serang Termasuk Wilayah PPKM Level 3 , UIN Banten Siap Melaksanakan Perkuliahan Offline

- Jumat, 3 September 2021 | 09:45 WIB
Ilustrasi jurusan kuliah yang dibutuhkan Industri 4.0  (Pixabay)
Ilustrasi jurusan kuliah yang dibutuhkan Industri 4.0 (Pixabay)
 
 
 
NEWSmedia – Semakin sedikitnya kasus Covid19 yang terjadi di Kota Serang membuat pihak Universitas Islam Negeri (UIN) Bantenberfikir untuk segera melaksanakan Kuliah Tatap Muka pada tahun ajaran baru 2021.
 
Hal itu disampaikan pihak UIN Banten saat melakukan rapat virtual dengan Menteri Pendidikan, Kebudayaan Riset dan Teknologi Nadiem Makarim yang disampaikan pada saat rapat virtual bersama komisi X DPRI RI pekan lalu, 1 September 2021. Pengajuan kesiapan kuliah tatap muka ini dengan mempertimbangkan wilayah dan zona aman dan dengan batasan dan juga prokes ketat menjelang masuk kelas saat kuliah.
 
Selain itu pihak UIN juga mempertimbangkan kuliah tatap muka berdasarkan uji dan kesiapan sebelumnya yaitu ratusan sekolah yang melakukan belajar tatap muka yang digelar di kabupaten dan kota di Banten.
 
 
 
Dilansir dari siaran langsung pada Youtube Humas UIN Banten yang sedang melaksanakan PBAK secara virtual, Pihak UIN SMH Banten meminta ijin untuk menjalankan hal itu degan mempertimbangkan banyak hal diantaranya tingkat penyebaran Covid1q9 yang makin terkendali serta banyakanya maqhasiswa yang sudah melakukan vaksinasi di daerah masing- masing.
 
“Pelaksanaan perkuliahan tatap muka diprioritaskan bagi mahasiswa semester 1 (satu), semester III (tiga) dan mahasiswa yang sedang praktikum yang tidak memungkinkan dilaksanakan secara daring", hal itu disampaikan oleh wakil rektor bidang akademik dan kelembagaan Mufti Ali, S.Ag., MA., Ph.D. 
 
 
Semantara itu berdasarkan Edaran dari DIRJEN PENDIS : 
 
Untuk Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Wilayah Jawa dan Bali
1. PTKI di wilayah dengan PPKM Level 4 dan level 3 melaksanakan perkuliahan jarak jauh (PJJ) secara penuh atau 100 persen dengan tetap memperhatikan standar penjaminan mutu.
2. PTKI di wilayah dengan PPKM level 2 dan level 1 melaksanakan perkuliahan tatap muka diikuti oleh paling banyak 50% mahasiswa pada setiap kelas.
 
Untuk Perguruan Tinggi Keagamaan Islam di Luar Wilayah Jawa dan Bali :
1. PTKI di wilayah dengan PPKM level 4 dan level 3 melaksanakan perkuliahan tatap muka diikuti paling banyak 25% dari kapasitas ruang kelas.
2. PTKI di wilayah dengan PPKM level 2 dan level 1 dapat melaksanakan perkuliahan tatap muka diikuti oleh paling banyak 50% dari kapasitas ruang kelas.
 
Teknis dan Implementasi surat edaran dari DIRJEN PENDIS tersebut diserahkan kepada PTKI masing-masing.
 
 
Oleh karena itu, meskipun UIN Banten merencanakan pembelajaran tatap muka tapi sangat terbatas, yang di utamakan semester 1 dan 3 dengan kapasitas yang tidak terlalu banyak dalam ruang kelas.
 
Prioritas dari tatap muka ini ialah praktikum seperti yang telah di ketahui bahwa fakultas baru di UIN SMH Banten yakni sains dalam hal ini sangat lekat dengan praktikum, sangat tidak mungkin jika terus menerus melakukan praktikum secara online.***
 

Editor: Fatihin Rere

Tags

Terkini

X