• Kamis, 21 Oktober 2021

Profil Megawati Soekarnoputri Mantan Presiden RI ke-5, Siapa dan Bagaimana Sejarah Hidupnya

- Jumat, 3 September 2021 | 11:25 WIB
Salah satu foto Ibu Megawati Soekarno Putri yang di unggah di akun Instragram presidenmegawati (presidenmegawati)
Salah satu foto Ibu Megawati Soekarno Putri yang di unggah di akun Instragram presidenmegawati (presidenmegawati)

NEWSmedia - Megawati Soekarno Putri memiliki nama lengkap Hj. Dyah Permata Megawati Setyawati Soekarnoputri. Lahir di Yogyakarta 23 Januari 1947. Riwayat Pendidikan SD Perguruan Cikini Jakarta, SLTP Perguruan Cikini Jakarta, SLTA Perguruan Cikini Jakarta, Fakultas Pertanian Universitas Padjajaran Bandung Angkatan 1965 namun ia memutuskan untuk berhenti karena saat itu kondisi sedang kondusif karena adanya Gerakan 30 S/PKI, sebagai putri presiden megawati diharuskan untuk berhenti kuliah dengan alasan keselamatan.

Semasa kuliah megawati selalu dikawal oleh pasukan Tjakrabirawa atau Paspampres. Megawati juga diketahui pernah menjadi mahasiswa di  Fakultas Psikologi Universitas Indonesia tapi tidak sampai tamat.

Pengalaman kerja dan karir politik, Ketua Umum Partai PDI Perjuangan yang hingga kini belum pernah tergantikan. Megawati menjadi anggota MPR/DPR dan ketua DPC PDI Jakarta Pusat (1987). Menjadi ketua umum DPP PDI (1993).

Baca Juga: Jadwal SIM Keliling Kota Serang Hari Ini, Jumat 3 September 2021

Wakil Presiden Republik Indonesia mendampingi KH. Abdurrahman Wahid (1999). Wanita pertama yang menjadi presiden ke-5  pada 23 juli 2001 – 20 oktober 2004 saat itu ia menggantikan Presiden KH. Abdurachamn Wahid atau Gus Dur yang diturunkan oleh parlemen.

Berikut penghargaan yang diterima oleh Megawati Soekarnoputri

  • Priyadarshni award dari Lembaga priyadarshni academy, Mumbai india, (1998)
  • Doktor honoris causa dari universitas waseda, Tokyo jepang (2001)
  • Children’s champion awards dari children’s hunger fund foundations. Los Angeles California, Amerika serikat (2006).
  • Korea maritime and ocean university 
  • Moscow state institute of international Relation 
  • Gelar penghormatan di bidang politik Pendidikan di universitas negeri padang
  • Megawati juga mendapat gelar yang sama dari Universitas Padjajaran.

 

Baca Juga: Kamu Belum Menikah? Berikut 5 Hal Yang Harus di Persiapkan Sebelum Menikah Dengan Pasanganmu

Berikut nama-nama anggota keluarga Megawati Soekarnoputri, Megawati adalah anak dari Ir. Soekarno dan Fatmawati.  Megawati Soekarnoputri menikah pertama kali dengan Surindo Supjarso (Letnan satu penerbang di TNI AD) pada 1 juni 1968 dirumah ibunya Fatmawati Jl. Sriwijaya Kebayoran Baru Jakarta Selatan. Suaminya meninggal pada tahun 1971 karena pesawat Skyvan yang dipiloti suaminya hilang pada 22 januari 1971 sehari sebelum Megawati merayakan ulang tahunnya yang ke 24.

Mereka dikaruniai 2 orang anak yang bernama Moh. Rizki Pratama, dan Moh. Prananda. Kemudian megawati menikah lagi Hassan Gamal Ahmed Hassan yaitu seorang diplomat Mesir yang bertugas di Indonesia dan tidak dikaruniai seorang anak. Lalu selanjutnya Megawati menikah dengan Taufik Kiemas pada 25 maret 1973 dan dikaruniai 1 orang anak yang Bernama Puan Maharani, lalu Taufik Kiemas meninggal dunia pada tahun 2013. 

Halaman:

Editor: Fatihin Rere

Tags

Terkini

X