• Kamis, 2 Desember 2021

Nih 7 Makanan yang Baik Untuk Usus dan Kesehatan Pencernaan, Salah Satunya Bluberi

- Sabtu, 4 September 2021 | 09:15 WIB
Ilustrasi buah buahan (Unsplash)
Ilustrasi buah buahan (Unsplash)
 
NEWSmedia - Menjaga kesehatan dimasa pandemi Covid 19 bukan hanya soal menghindari kerumunan atau memakai masker saja. Banyak dari kita justru lupa untuk mengkonsumsi makanan yang baik untuk tubuh dan pencernaan kita.
 
Berhubungan dengan pencernaan, usus menjadi organ yang sangat berperan untuk mencerna makanan dalam tubuh. dirangkum NEWSmedia dari laman The Healty, Berikut adalah makanan-makanan yang sehat dan mengandung prebiotik (Zat atau serat dari tumbuhan, buah, sayur termasuk biji-bijian) yang baik untuk ususmu menurut para ahli.
 
Gandum merupakan sumber serat dan biji-bijian yang baik untuk tubuh. kandungan prebiotik beta glukan dalam gandum dapat menurunkan kolestrol dan meningkatkan fungsi usus kita serta dapat membantu melawan kanker dan meningkatkan imun tubuh. Kamu bisa mengkonsumsinya sebagai sereal di pagi hari atau cemilan kue gandum di tengah aktivitas.
 
 
Bawang putih
Kandungan inulin prebiotik dalam bawang putih terbukti bermanfaat bagi pencernaan yaitu mendiversifikasi mikrobioma usus, mengurangi akumulasi lemak serta menjaga nafsu makan. Tentu kamu tidak harus memakannya langsung kamu bisa merasakan manfaatnya dengan mencampurkan bawang putih dengan masakan kamu.
 
Bluberi 
Buah berwarna biru tua dan ungu ini mengandung polifenol yang bekerja sebagai sumber prebiotik. Selain itu polifenol juga berfungsi sebagai anti-inflamasi untuk usus serta menjaga kesehatan kardiovaskular kita.
 
 
Pisang Mentah atau Hijau
Pisang mentah adalah sumber pati resisten yang dapat melarutkan makanan sampai ke usus besar. Pisang mentah tentu saja tidak akan cocok jika dimakan langsung setelah membuka kulitnya, kamu bisa mengkreasikan masakan pisang ini dengan mengirisnya dan menjadikannya keripik yang di tambah sedikit garam sehingga menjadi cemilan sehat. 
 
Ceri asam
Kandungan melatonin dalam ceri asam dapat membuat tidur kamu lebih nyaman karena rasa lega dalam pencernaan. Dalam Journal of Nutritional Biochemistry menemukan bahwa ceri juga mengandung polifenol yang bermanfaat untuk mikrobioma usus.
 
 
Kacang-kacangan
Kacang-kacangan merupakan sumber prebiotik yang mengandung pati resisten dan oligosakarida yang bermanfaat untuk kesehatan usus. Kandungan protein nabati dalam kacang-kacangan dapat menurunkan resiko penyakit jantung selain itu, makanan satu ini mudah dicerna. Kamu bisa menjadikan kacang-kacangan sebagai cemilan ringan yang membuat perut lebih kenyang.
 
Asparagus 
Kandungan serat prebiotik inulin dalam asparagus terbukti dapat membantu kesehatan pencernaan dan mengontrol kadar glukosa darah. Selain itu asparagus juga kaya vitamin C, Vitamin A dan folat yang meningkatkan kesehatan tulang. 
 
 
Itulah makanan kaya prebiotik yang sehat untuk usus dan pencernaanmu,konsumsinya dan semoga tetap sehat.***
 
 

Editor: Fatihin Rere

Tags

Terkini

X